3R: Bijak Mengolah Sampah Mulai dari Lingkungan Rumah Hingga Sekolah


 

Kegiatan Parent's Day dengan Tema Recycle
Istilah 3R sering sekali ditemukan dalam proses pengolahahn sampah yang ada di lingkungan sekitar kita. 3R terdiri dari kata reuse, reduce, recycle. Reuse berasal dari bahasa Inggris yang berarti menggunakankembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Sementara recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Kegiatan 3R, dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja, dan bahkan tanpa biaya. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit waktu dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Berawal dari konsep inilah, siswa-siswi SD Islam Surya Buana melakukan aksi yang tergabung dalam kelompok kerja 3R.

Kegiatan Parent's Day dengan Tema Recycle
Contoh kegiatan 3R yang sudah dilakukan di lingkungan sekolah di antaranya, menggunakan botol minum yang bisa dipakai berulang, makan dengan menggunakan peralatan makan yang tidak terbuat dari plastik sekali pakai, mengurangi penggunaan bahan sekali pakai, menggunakan kertas secara bolak-balik, memanfaatkan kertas bekas untuk amplop dan catatan, dan mengreasikan botol dan wadah bekas minuman sekali pakai menjadi barang yang bisa dimanfaatkan kembali. Tentunya, kegiatan 3R ini juga bisa dilakukan di lingkungan rumah.

3R merupakan kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun, dari 3R inilah bisa memberikan dampak yang besar untuk penanganan sampah yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Mari mengolah sampah, mulai dari lingkungan rumah hingga ke sekolah agar menjadi berkah. (Lik)

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment