Ada Buku Pantau Selama Belajar dari Rumah


            Memasuki bulan ke delapan belajar dari rumah, SD Islam Surya Buana Malang kembali menerbitkan Lembar Kegiatan Daring Siswa atau biasa disebut Legendaris. Legendaris yang dibagikan secara drive thru pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 ini merupakan legendaris keempat yang diterbitkan khusus untuk melengkapi pelaksanaan pembelajaran dari rumah. Dengan adanya Legendaris, kegiatan pembelajaran yang berlangsung dari rumah saja menjadi lebih terpantau. “Legendaris juga menjadi salah satu cara untuk merawat kebiasaan-kebiasaan baik yang sebelumnya sudah terbentuk di sekolah,” tutur Endang Suprihatin, Kepsek SD Islam Surya Buana Malang.
            Legendaris disusun secara mandiri oleh tim Kelompok Kerja Guru kelas paralel. Isinya berupa daftar centang kegiatan kompetensi spiritual dan sosial, jadwal kegiatan pembelajaran harian, lembar kerja keterampilan, lembar Kisah Inspiratif Pagi, dan Ice Breaking. Legendaris didesain untuk muatan pembelajaran tematik maupun nontematik. Sesuai instruksi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, optimalisasi pembelajaran kecakapan hidup juga menjadi salah satu kompetensi yang dimasukkan ke dalam kompetensi sosial. Lembar kerja pada legendaris difokuskan pada kompetensi keterampilan. Melalui lembar kerja ini, diharapkan peserta didik terbantu untuk menemukan pengetahuan secara mandiri dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna yang akhirnya menjadi pembelajaran long term memory. Tentunya tanpa membebani peserta didik untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan. Sementara itu, pembelajaran dalam jaringan difokuskan pada kompetensi pengetahuan peserta didik.
            Legendaris menjadi salah satu bentuk usaha sekolah agar peserta didik tetap terlibat dalam pembelajaran meskipun kegiatan sekolah normal terganggu. Desain pembelajaran yang telah dirancang dapat membangkitkan semangat siswa untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan mencerdaskan.

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment