Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Thursday, February 27, 2020

Mengenal Sapi Lebih Dekat di Kampung Sapi Adventure


Rabu, 22 Januari 2020 adalah hari yang menyenangkan bagi siswa-siswi kelas 1 SD Islam Surya Buana. Pada hari tersebut, mereka melaksanakan study visual ke Kampung Sapi Adventure Kota Batu. Lokasi tersebut sengaja kami pilih karena dapat memberikan pengetahuan yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang mereka pelajari yaitu Tema 5 Pengalamanku.
Udara sejuk dan langit cerah menyambut mereka. Sekitar pukul 07.30 WIB, rombongan angkutan umum sudah tampak berjejer di lapangan sekolah. Tepat pukul 08.00 WIB, setelah kami melakukan kegiatan pagi di sekolah, kami bergegas menuju angkutan umum untuk bersiap berangkat. Tak lupa kami membaca doa naik kendaraan darat terlebih dahulu.
Ada banyak pengetahuan yang mereka dapatkan selama di sana. Tak hanya pengetahuan tentang sapi. Tetapi juga pengetahuan tentang kelinci dan domba. Rombongan siswa kelas 1 dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok ditemani oleh pemandu yang siap mengantarkan mereka mengelilingi spot-spot yang ada di Kampung Sapi Adventure.
Salah satu tempat yang dikunjungi para siswa selama berada di Kampung Sapi Adventure adalah kandang kelinci. Mereka dipersilahkan masuk ke dalam kandang dan memberi makan. Tak hanya itu, mereka juga diperbolehkan menggendong serta bermain dengan kelinci. Tujuan selanjutnya adalah kandang domba. Sama seperti saat berkunjung ke kandang kelinci. Mereka juga diperbolehkan menggendong dan bermain. Ada siswa yang takut, tetapi banyak siswa juga yang berani untuk bermain dengan kelinci dan domba. 


Selanjutnya mereka menuju ke kandang sapi untuk memberi makan dan memerah susu sapi. Para siswa pun menampilkan ekspresi terbaik mereka saat memerah sapi. Ada yang dengan antusias langsung maju paling depan, ada pula yang mundur paling belakang, ada pula yang takut tidak mau mencoba.

Yang membuat seru lagi, para siswa kelas 1 ini juga mendapatkan bonus untuk melakukan outbound. Outbound yang mereka lakukan di antaranya, flying fox, melintasi ban, jaring-jaring, dan tali panjang. Semua permainan itu untuk melatih keseimbangan, kelincahan, kekuatan gerak kaki, tangan dan anggota tubuh yang lain serta pastinya juga melatih keberanian.
Tak cukup disitu saja, para siswa juga diajak ke lokasi yang juga tak kalah serunya dan pastinya juga ditunggu-tunggu mereka. Lokasi itu adalah kolam ikan. Ya. Mereka akan memancing ikan. Mereka bertambah antusias saat ikan yang berhasil mereka pancing boleh dibawa pulang.
Usai melakukan berbagai macam kegiatan, mereka bersiap untuk berganti seragam. Mereka juga menyempatkan untuk menikmati bekal yang mereka bawa. Ada beberapa dari mereka yang juga memanfaatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh. Mereka juga mendapatkan satu gelas susu gratis dari Kampung Sapi Adventure.
Semoga study visual kali ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan untuk setiap siswa, menambah pengetahuan tentang hewan peliharaan khususnya sapi, menambah rasa sayang terhadap hewan sebagai sesama makhluk ciptaanNya, dan pastinya juga melatih kemandirian siswa serta menambah kerukunan antar siswa.

Ditulis Oleh : Dewi Khusnul Amalia, S.Pd. / Wali Kelas 1D
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM