Kunjungi The Bagong Adventure, Siswa Kelas 5 Belajar Anatomi Tubuh



Hari Rabu yang cerah, tepatnya tanggal 6 November 2019, siswa kelas 5 SD Islam Surya Buana melaksanakan kegiatan study visual yang sudah lama ditunggu yakni di Museum Tubuh, Batu. Kegiatan ini diikuti oleh 107 siswa dan 5 guru pendamping. Untuk SV kali ini merupakan gabungan dari SV tema 2-4 yang sebagian besar mempelajari tentang tubuh manusia. Selepas sholat dhuha, dengan antusias dan riang gembira seluruh siswa kelas 5 bergegas menuju angkutan yang sudah disiapkan. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, rombongan sampai di tempat tujuan. Seluruh siswa kelas 5 berbaris sesuai kelasnya dan mengantre dengan tertib supaya mendapat gelang tiket untuk masuk ke dalam zona-zona yang ada di dalam Museum Tubuh. Para petugas juga membagikan lembar kerja yang akan dikerjakan siswa selama kegiatan di dalam museum. Agar kegiatan di dalam berjalan lancar, para siswa dibagi menjadi 3 kelompok. 
Zona pertama yang mereka masuki adalah zona gigi. Sesuai dengan namanya, di dalam zona ini para siswa diajak untuk mengenal lebih jauh tentang gigi manusia dan juga lidah. Selesai dari zona gigi, mereka beranjak menuju zona telinga, zona hidung, zona mata, zona otak, zona paru-paru, zona jantung, zona hati, zona ginjal, dan zona usus.
Di masing-masing zona, para siswa mendapat penjelasan yang cukup detail mengenai bagian-bagian dari organ, fungsi organ, beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang organ-organ tersebut dan cara memelihara kesehatan organ tersebut. Selain itu, para siswa juga diberi kesempatan untuk bertanya terkait materi yang disampaikan jika dirasa belum mengerti.
Para siswa juga menikmati fasilitas lainnya yang berupa zona aktifitas. Di zona ini mereka bisa mencoba beberapa profesi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Yang terakhir, ada zona yang tidak kalah seru yang bisa dinikmati yaitu zona cinema 3D. Di zona ini, para siswa dapat melihat film animasi yang berkaitan dengan sistem imun dalam tubuh manusia. Selesai menikmati film tersebut, seluruh siswa kelas 5 berkumpul di depan cafe gigi untuk menikmati snack box yang disediakan. Setelah makan, rombongan bergegas menuju angkutan masing-masing untuk kembali lagi ke sekolah. Dalam perjalanan tersebut, seluruh rombongan berhenti di Masjid Annur Kota Batu untuk menunaikan sholat dhuhur berjamaah.
Kegiatan study visual yang bertujuan agar para siswa lebih memahami materi terkait organ tubuh manusia ini telah berjalan dengan lancar. Seluruh siswa antusias dan menikmati perjalanan. Semoga kegiatan ini bermanfaat, memberikan pengetahuan yang mendalam terkait materi di sekolah dan sampai jumpa di kegiatan study visual berikutnya.

Ditulis Oleh : Hartutik Nurul Khasanah, S.Pd.  / Wali Kelas 5A
SD Islam Surya Buana

No comments:

Post a Comment