Bermain di Lingkunganku, Siswa Kelas 2 Kunjungi Pasar Oro-Oro Dowo



Hari Rabu, di pekan kedua bulan November ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh siswa kelas 2 SD Islam Surya Buana. Mereka tak sabar menanti dan sangat antusias menyambut kegiatan Study Visual dengan tema Bermain di Lingkunganku.
Study Visual kali ini tentu sangat mengasyikkan dan menjadi pengalaman baru untuk siswa kelas 2 karena dilakukan di komplek Pasar Oro-Oro Dowo. Rasa semangat dan antusias semua siswa dan guru kelas 2 ditunjukkan sejak rombongan berangkat menuju Pasar Oro-Oro Dowo. Tepat pada pukul 08.00 WIB, para rombongan menuju Pasar Oro-Oro Dowo dengan mengendarai angkutan kota yang identik dengan warna biru. Sesampai di sana, para siswa diajarkan untuk berperilaku tertib, sopan, dan saling sapa dengan penjual yang ada di pasar tersebut. Selain itu, tujuan utama Study Visual kali ini adalah mengajarkan siswa untuk belajar dan bermain di lingkungan yang jarang, bahkan belum pernah mereka kunjungi. Tidak hanya berperilaku tertib dan sopan ketika bermain di lingkungan sekolah, tetapi juga berperilaku tertib dan sopan terhadap orang lain ketika di luar lingkungan sekolah.
Saat berada di dalam pasar, para siswa dapat menerapkan perilaku tertib, sopan, dan berinteraksi dengan penjual dengan baik. Siswa dengan bergantian menanyakan barang yang akan dibeli kepada penjual, siswa juga sangat antusias ketika mereka mencari barang yang akan mereka beli. Para siswa juga belajar membiasakan berperilaku mandiri dengan bertanya kepada setiap penjual mengenai berapa harga barang yang akan mereka beli.
Adanya kegiatan ini membiasakan para siswa agar selalu sopan dan tertib saat mereka berinteraksi dengan lingkungan baru. Saling mengingatkan antarteman agar selalu tertib pada saat bermain di lingkungan luar sekolah menjadi pembelajaran yang baik untuk meningkatkan nilai mandiri siswa kedepannya.
Semoga kegiatan ini menjadi pembelajaran bermakna bagi siswa kelas 2. Semoga siswa-siswi SD Islam Surya Buana menjadi generasi unggul, yang nantinya mampu membawa Indonesia maju.

Ditulis Oleh : Tahyata Inas Syah, S.Pd.  / Guru PJOK Kelas Bawah
SD Islam Surya Buana

No comments:

Post a Comment