Serunya Membatik di Soendari Batik and Art Gallery



Senin dan Selasa, 30 September - 1 Oktober 2019, siswa-siswi kelas 6 SD Islam Surya Buana melaksanakan study visual membatik yang terdapat dalam muatan pembelajaran tema 4 yaitu Globalisasi. Kali ini adalah kali kedua kami bekerjasama dengan Soendari Batik and Art Gallery yang beralamatkan di Jl.Permata Soehat A-2 Kota Malang. 

Sebelum hari pelaksanaan kunjungan, para siswa kelas 6 diberi kain mori berukuran kurang lebih 30 cm x 30 cm untuk membuat sketsa batik yang telah dipilih sebelumnya. Sketsa tersebut akan diproses lebih lanjut pada saat kunjungan study visual.
Sesampai di LKP Soendari Batik, para siswa mendapat materi singkat dari para instruktur tentang proses membatik. Proses membatik melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan sketsa, pencantingan, pewarnaan, pengeringan, penguncian dengan waterglass, pengeringan lagi, pelorotan, dan sampailah pada pengeringan terakhir, sebelum akhirnya menjadi batik tulis. Dengan telaten, para instruktur membimbing siswa siswi kelas 6 dalam proses membatik.
Dalam kegiatan ini, nilai-nilai PPK yang diterapkan antara lain nilai religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan integritas. Nilai religius tampak ketika sebelum berangkat study visual, para siswa melaksanakan ibadah harian yaitu shalat dhuha, membaca Asmaul Husna, hafalan surat pendek, dan doa bersama. Selain itu, mereka juga belajar untuk bersyukur atas kekayaan budaya Indonesia berupa batik.
Di tempat kunjungan, instruktur membentuk kelompok kecil untuk memudahkan proses membatik. Pembentukan kelompok ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter saling bekerjasama dalam mencapai tujuan.
Kegiatan study visual ini juga bertujuan melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air atau nasionalisme.
Nilai karakter mandiri juga tampak ketika para siswa merapikan secara mandiri peralatan yang sudah digunakan dan mengecek barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal.
Kecintaan para siswa terhadap batik juga menjadi bagian dari karakter integritas yang patut diteladani. Mereka menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif dengan hasil usaha mereka sendiri, yang mungkin ini adalah kali pertama mereka mendapatkan pembelajaran membatik. 


So, bagaimana SBLovers? Apakah kalian juga ingin belajar membatik? Ayo, menjadi bagian anak bangsa yang ikut berperan dalam melestarikan budaya bangsa. Jika bukan kita, siapa lagi? Sampai jumpa di kegiatan kami berikutnya ♥
Ditulis Oleh : Novi Eka Sulistiawati, S.Pd.
Guru Kelas 6B / SD Islam Surya Buana

No comments:

Post a Comment