Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Sunday, October 6, 2019

Membuat Bumi Kembali Tersenyum Ala SBLovers


Senin pagi hari ini (30/9), para peserta upacara bendera SD Islam Surya Buana dari kelas 1-3 menyimak kampanye singkat tentang tips membuat bumi tersenyum kembali. Ibu guru yang bertugas menjadi pembina pun menyampaikan alasan mengapa kita semua perlu membuat bumi tersenyum kembali. Alasannya tak lain adalah karena bumi sebagai tempat tinggal kita. Tak hanya manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya. Mereka harus hidup secara berdampingan, agar bisa saling memberi manfaat. 
Ada empat siswa yang ikut serta memberikan tips dalam kesempatan pagi hari itu. Mereka adalah para siswa yang tergabung dalam tim Isu Literasi dan Publikasi Media Sosial pada event Green School Festival 2019. Mereka adalah Muhammad Yusuf Naghi, Banyu Bening Ikmal A., Aldrichia Acmelaya W., dan Fina Zahrotul Warda.
Nah, beberapa tips yang disampaikan adalah tips yang sangat sederhana dan bisa dimulai dari lingkungan sekolah. Apa saja tips tersebut?
1.      Stop plastic pollution. Yaitu dengan menghentikan polusi plastik. Termasuk kemasan minuman dan makanan. Nah, alangkah lebih baik lagi apabila SBLovers semua membawa kotak bekal makan dan botol minum pribadi, ya! Dengan demikian, SBLovers sudah berperan aktif dalam mengurangi polusi plastik.
2.      Menanam tumbuhan di lingkungan sekolah. Tak cukup menanam saja, SBLovers. Tanaman yang sudah kalian tanam di sekolah, harus dirawat agar tetap bisa lestari. Mulai dari toga, tanaman yang di taman, bahkan sampai vertical garden di kelas SBLovers. Dengan demikian, SBLovers sudah membantu lingkungan sekolah semakin sejuk karena produksi oksigen dari tanaman tersebut.
3.      Menghemat penggunaan air bersih. Nah, pasti banyak dari SBLovers yang masih suka boros air, kan? Mulai sekarang, yuk dihentikan. Pakai air secukupnya. Untuk wudlu, ke kamar mandi, atau bahkan mencuci peralatan makan. Jangan mainan air bersih, ya SBLovers! Ingat, masih banyak saudara kita yang kekurangan air bersih di daerah lainnya. SBLovers harus banyak bersyukur, ya!
4.      Membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Nah, ini hal yang sangat kecil, sih! Tapi banyak dari SBLovers yang masih suka meremehkan. Padahal, dengan kita membuang sampah sesuai dengan tempatnya, kita berperan besar dalam mengurangi pencemaran lingkungan, loh. Yuk, mulai buang sampah sesuai jenisnya, ya! Termasuk organik atau anorganik.
5.      Melakukan 3R. Reduce, Reuse, and Recycle. Nah, kalau ini SBLovers sudah sering mendengar, nih! Tinggal penerapannya aja, ya SBLovers yang perlu ditingkatkan.
Sekian dulu, ya SBLovers tips nya. InsyaAllah lain kali kita akan sharing lebih banyak tips lagi. Terimakasih yang sudah ikut serta menjaga bumi kita agar senantiasa tersenyum. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Wali Kelas 6D / SD Islam Surya Buana

Share:

3 comments:

  1. Semoga sukses GSF 2019, SDI Surya Buana selalu membahana๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  2. Mantaaap...sukses selalu ya SDI Surya Buana...Go GSF 2019...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM