Membuat Bumi Kembali Tersenyum Ala SBLovers



Senin pagi hari ini (30/9), para peserta upacara bendera SD Islam Surya Buana dari kelas 1-3 menyimak kampanye singkat tentang tips membuat bumi tersenyum kembali. Ibu guru yang bertugas menjadi pembina pun menyampaikan alasan mengapa kita semua perlu membuat bumi tersenyum kembali. Alasannya tak lain adalah karena bumi sebagai tempat tinggal kita. Tak hanya manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya. Mereka harus hidup secara berdampingan, agar bisa saling memberi manfaat. 
Ada empat siswa yang ikut serta memberikan tips dalam kesempatan pagi hari itu. Mereka adalah para siswa yang tergabung dalam tim Isu Literasi dan Publikasi Media Sosial pada event Green School Festival 2019. Mereka adalah Muhammad Yusuf Naghi, Banyu Bening Ikmal A., Aldrichia Acmelaya W., dan Fina Zahrotul Warda.
Nah, beberapa tips yang disampaikan adalah tips yang sangat sederhana dan bisa dimulai dari lingkungan sekolah. Apa saja tips tersebut?
1.      Stop plastic pollution. Yaitu dengan menghentikan polusi plastik. Termasuk kemasan minuman dan makanan. Nah, alangkah lebih baik lagi apabila SBLovers semua membawa kotak bekal makan dan botol minum pribadi, ya! Dengan demikian, SBLovers sudah berperan aktif dalam mengurangi polusi plastik.
2.      Menanam tumbuhan di lingkungan sekolah. Tak cukup menanam saja, SBLovers. Tanaman yang sudah kalian tanam di sekolah, harus dirawat agar tetap bisa lestari. Mulai dari toga, tanaman yang di taman, bahkan sampai vertical garden di kelas SBLovers. Dengan demikian, SBLovers sudah membantu lingkungan sekolah semakin sejuk karena produksi oksigen dari tanaman tersebut.
3.      Menghemat penggunaan air bersih. Nah, pasti banyak dari SBLovers yang masih suka boros air, kan? Mulai sekarang, yuk dihentikan. Pakai air secukupnya. Untuk wudlu, ke kamar mandi, atau bahkan mencuci peralatan makan. Jangan mainan air bersih, ya SBLovers! Ingat, masih banyak saudara kita yang kekurangan air bersih di daerah lainnya. SBLovers harus banyak bersyukur, ya!
4.      Membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Nah, ini hal yang sangat kecil, sih! Tapi banyak dari SBLovers yang masih suka meremehkan. Padahal, dengan kita membuang sampah sesuai dengan tempatnya, kita berperan besar dalam mengurangi pencemaran lingkungan, loh. Yuk, mulai buang sampah sesuai jenisnya, ya! Termasuk organik atau anorganik.
5.      Melakukan 3R. Reduce, Reuse, and Recycle. Nah, kalau ini SBLovers sudah sering mendengar, nih! Tinggal penerapannya aja, ya SBLovers yang perlu ditingkatkan.
Sekian dulu, ya SBLovers tips nya. InsyaAllah lain kali kita akan sharing lebih banyak tips lagi. Terimakasih yang sudah ikut serta menjaga bumi kita agar senantiasa tersenyum. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Wali Kelas 6D / SD Islam Surya Buana

You may like these posts:

3 comments:

  1. Semoga sukses GSF 2019, SDI Surya Buana selalu membahana๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  2. Mantaaap...sukses selalu ya SDI Surya Buana...Go GSF 2019...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete