Semarak Peringatan Tahun Baru Hijriyah di SD Islam Surya Buana Malang



Jumat, 6 September 2019, Siswa-siswi SD Islam Surya Buana Malang melaksanakan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam (1 Muharram 1441 H). Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa agar selalu ingat kepada sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah menuju Kota Madinah. Selain itu, kegiatan yang bertemakan “Muhasabah Diri Melalui Semangat Tahun baru Islam Perkuat Ukhuwah Islamiyah” dikonsep agar siswa-siswi SD Islam Surya Buana Malang memiliki semangat juang untuk menuntut ilmu di tahun baru ini.
Peringatan 1 Muharram 1441 H di SD Islam Surya Buana Malang ini diawali dengan sambutan oleh Dra. Hj. Sri Istuti Mamiek, M. Ag. selaku pembina Yayasan Bahana Cita Persada Malang. Beliau menyampaikan kepada seluruh warga SD Islam Surya Buana Malang untuk senantiasa berjuang dalam menuntut ilmu.
Agenda Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H ini dilanjutkan dengan parade muharram berkeliling di sekitar Kelurahan Dinoyo-Merjosari. Parade Muharram ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat keislaman siswa-siswi SD Islam Surya Buana. Parade ini diiringi dengan alunan rebana dan sorakan semangat keislaman. Siswa-siswi membawa slogan untuk menunjukkan semangat keislaman dalam diri mereka.
Sesampai di halaman sekolah, siswa-siswi SD Islam Surya Buana beristirahat sejenak untuk memakan kue tradisional dan minum sambil menyaksikan tampilan ekstrakurikuler banjari. Setelah istirahat, siswa-siswi mendengarkan tausiyah dari Ustadz Zainal Arifin Al-Nganjuki. Beliau menyampaikan agar kita senantiasa meneladani tahun baru Islam dengan hal-hal yang baik, yang mencerminkan ukhuwah Islamiyah.
Semoga kita semua dapat memaknai tahun hijrah Nabi Muhammad SAW dengan cara mengembangkan syiar islam melalui semangat meningkatkan prestasi di sekolah.

Ditulis Oleh : Uswatun Hasanah, S.Psi.
Guru Kelas 3A / SD Islam Surya Buana 

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment