Serunya Belajar Bersama di Kebun Jeruk Graha Dewata



Kegiatan study visual merupakan suatu program kegiatan yang sudah diterapkan di SD Islam Surya Buana Malang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran di luar kelas (Study Visual) merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.

Study Visual kelas 3 ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 di Kebun Jeruk Graha Dewata Malang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melengkapi pembelajaran tematik Tema 1 Subtema 4, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Tujuan dari kegiatan ini adalah siswa mengetahui proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman jeruk secara alami dan buatan.
Kami berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dari sekolah dengan mengendarai angkutan kota. Perjalanan ditempuh kurang lebih 25 menit. Selama di perjalanan, banyak sekali pemandangan indah yang kami amati. Keseruan-keseruan lain yang dilakukan siswa seperti main tebak-tebakan.
“Eh, Buah apa yang bijinya tidak bisa di tanam? Nanti yang bisa bisa jawab aku kasih stiker, celoteh Rivad, siswa kelas 3 A.
Siswa satu angkot pun berebut menjawab sembari mengangkat tangannya.
Aku, aku, aku...”.                                              
“Eeeh... tiba-tiba si Irza bertanya dengan polosnya, “Apakah aku boleh beli biji jeruknya, Bu?
 Boleh, tapi petik jeruk dulu, terus dikupas dan dimakan baru mendapatkan bijinya di dalam jeruk, hehehe..”
Masih banyak keseruan obrolan siswa hingga tak terasa sudah sampai kebun jeruk.
Di sana, kami langsung disambut oleh pemilik kebun. Sebelum siswa-siswi memasuki area kebun jeruk, mereka harus berkumpul dan mendapatkan pengarahan dari pemilik kebun serta mendapatkan tas plastik (kresek) yang akan digunakan untuk wadah jeruk.
Kegiatan pertama yang dilakukan siswa-siswi kelas 3 SDI Surya Buana di Kebun Jeruk adalah belajar tentang Pertumbuhan dan Perkembangan tanaman jeruk. Cara perkembangbiakan tanaman ada yang secara alami dan buatan. Tanaman jeruk ini bisa berkembangbiak secara alami yaitu melalui biji. Sedangkan secara buatan dengan cara pencangkokan.
Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan  tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya. Kekurangannya adalah lebih mudah roboh jika terkena hujan deras. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakan dengan biji biasanya lebih kuat dari tanaman hasil mencangkok.  
Kegiatan yang kedua adalah belajar cara memetik atau memanen buah jeruk. Ada beberapa cara memetik buah jeruk yaitu memilih buah jeruk yang sudah masak. Ciri-cirinya warna kulit orange, memegang buah jeruk dengan tangan kanan, dan memotong tangkai jeruk ± 1 cm dengan menggunakan gunting yang tajam.
Setelah kegiatan selesai, siswa-siswi diberikan kesempatan untuk memilih buah jeruk  yang sesuai dengan keinginannya. Siswa-siswi diperbolehkan memetik beberapa buah jeruk dan dipersilahkan menikmati segarnya jeruk hasil petikannya sendiri dengan makan sepuasnya.
Sebelum keluar dari area kebun Jeruk, siswa-siswi  disarankan untuk membawa buah jeruk hasil petikannya untuk ditimbang. Setiap siswa mendapatkan 1 kg buah jeruk secara gratis untuk di bawa pulang dan jika lebih dari 1 kg, maka jeruk dikembalikan ke pemilik kebun.

Ditulis Oleh : Uswatun Hasanah, S.Psi.

Guru Kelas 3A / SD Islam Surya Buana Malang

No comments:

Post a Comment