Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Monday, April 29, 2019

Bersama Umi Dayati, Parenting Asyik Sampai ke Hati


Berbicara tentang ragam perubahan besar di era revolusi industri 4.0 sudah mulai tampak dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa perubahan besar tersebut diantaranya adalah terjadinya digitalisasi dan otomatisasi hampir dalam seluruh aspek kehidupan. Tentunya, era ini akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tak bisa dibendung. Perubahan tersebut, tentunya akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali pada aspek pendidikan anak.
Sebagai orang tua, sudah menjadi  kewajiban untuk memahami hakikat era revolusi industri 4.0, menyadari konsekuensi logis dari perubahan-perubahan yang ditimbulkan, serta harus mampu menyiapkan generasi ini untuk menjadi generasi yang kompetitif dan produktif.
Sebagai bentuk pelayanan kepada wali siswa, Yayasan Bahana Cita Persada Malang (YBCPM) melalui Perguruan Surya Buana memfasilitasi pengetahuan tentang hal tersebut melalui Seminar Parenting yang bertema "Smart Parenting dalam Menyiapkan Generasi Z di Era Revolusi Industri 4.0" yang diselenggarakan di Kampus IV SMA Surya Buana Malang.
Seperti yang dituturkan oleh direktur Perguruan Surya Buana, dr. Elvin Fajrul Jaya Saputra, M.Kes., kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai bentuk shilaturrahim sekolah dengan orangtua, sekaligus mewujudkan kesepahaman pembinaan karakter antara sekolah dan keluarga.
Dr. Umi Dayati, M.Pd. dihadirkan pada Sabtu, 2 Maret 2019 untuk mengupas habis tentang tema tersebut. Dengan gayanya yang super asyik, motivator level ASEAN ini membuka seminar dengan obrolan yang menarik perhatian peserta seminar. Bahkan, mereka terbawa suasana hingga semua tertawa tanpa terkecuali.
Dengan bahasa yang santai tetapi tetap mengena, Dr. Umi Dayati mengawali materi dengan memaparkan berbagai fenomena generasi era revolusi industri 4.0. Dengan banyaknya perubahan fenomena yang begitu hebat, orangtua harus mampu mendidik anak sesuai dengan zamannya. Orangtua wajib bekerjasama dengan sekolah untuk menciptakan generasi era revolusi industri yang berkarakter.
Owner Indonesia LED Consultants ini juga berbagi tips untuk orangtua agar sukses menjadikan generasi revolusi industri yang berkarakter. Diantaranya adalah menjalin komunikasi yang bagus. Tak hanya kepada anak, tetapi yang lebih utama juga menjalin komunikasi yang bagus dengan Allah. Kemudian, orangtua juga sangat perlu untuk berkolaborasi serta membiasakan memecahkan masalah dengan berfikir kritis. Satu lagi, memberikan kebebasan anak untuk berkreasi juga menjadi tips yang jitu untuk mendidik anak generasi 4.0.
Dengan segala kebiasaan dan ciri khas generasi 4.0 yang telah dipaparkan, mereka perlu dididik sesuai dengan zaman mereka sekarang. Secara keseluruhan, materi yang disampaikan oleh dosen tetap Pendidikan Luar Sekolah UM ini adalah tips bagaimana menjadi orangtua yang mampu menyiapkan generasi 4.0 agar mempunyai keterampilan abad 21 yang lebih dikenal dengan 4C. Keterampilan tersebut meliputi communication, collaboration, critical thinking dan problem solving, serta creativity.
Well, pemaparan seminar parenting yang dihadiri kurang lebih 600 wali siswa beserta guru dan karyawan ini sangat mengena dan relevan dengan perkembangan anak zaman sekarang. Semoga acara yang dikemas cantik oleh panitia dari seluruh lembaga YBCPM ini berkenan di hati semua audiensi, menjadi ilmu yang bermanfaat dunia akhirat, dan selamat berjumpa di seminar parenting tahun mendatang.



Ditulis Oleh :  Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Guru Kelas 6D

Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM