Tak Kalah Kreatif, Siswa Kelas 2 Meriahkan Business Day Bulan Ini



Setelah sukses pada kegiatan Business Day kelas 3, tepat pada hari Jumat 25 Januari 2019, giliran siswa-siswi kelas 2 SD Islam Surya Buana unjuk kebolehan dalam kegiatan yang sama. Kegiatan yang memang menjadi agenda rutin sekolah ini, dilaunching kali pertama pada hari Jumat tanggal 31 Agustus 2018.
Bertempat di halaman sekolah, siswa-siswi kelas 2 mulai menyiapkan produk makanan atau minuman andalan mereka. Dengan membuka stand dengan meja-meja, mereka menata produk andalan dengan rapi dibantu ibu-ibu Paguyuban Kelas. Tak lupa produk andalan mereka tersebut diberi nama-nama yang menarik seperti: Jasuke, Sate Jelly Pintar atau Churros. Meskipun masih kelas 2, mereka tak kalah kreatif dengan kakak-kakak kelas yang telah melaksanakan kegiatan ini. Bahkan, untuk menarik calon pembeli, mereka memberi nama stand dengan hiasan crayon atau manik-manik. Super kreatif, bukan?
Pukul 09.20 WIB adalah momentum yang ditunggu-tunggu oleh entrepreneur cilik SD Islam Surya Buana. Begitu bel istirahat berbunyi, para calon pembeli pun gerak cepat membanjiri lapangan sekolah. Tak hanya siswa, guru, karyawan, dan beberapa wali murid tak mau kalah memborong produk andalan dari Business Day kelas 2. Selain murah, yang membuat para pembeli tertarik pada produk andalan tersebut adalah karena rasanya yang enak, bergizi, dan tentunya halal.
Dengan rata-rata usia 8 tahun, mereka terlihat sangat lucu dan menggemaskan dalam kegiatan ini. Hal tersebut terlihat ketika mereka mencoba berjualan dan menawarkan produk andalannya pada pembeli. Ada yang bergaya berteriak dengan menyebut nama-nama unik makanannya, ada yang bingung menghitung uang kembalian, dan bahkan ada yang diam termenung heran melihat para pembeli yang berjubel.
Tak butuh waktu lama, produk andalan yang ditawarkan dalam Business Day hari tersebut habis tak bersisa. Terlihat para pembeli memakan makanan yang telah dibeli dengan lahap. “Alhamdulillah, kenyang dan enak, Pak makanannya,” tutur salah satu siswa yang berada di sudut kelas.
 Business Day ini sangat menyenangkan. Anak-anak bisa berlatih lebih mandiri, berlatih komunikasi dengan orang lain dan juga melatih kesabaran. Masukan untuk Business Day selanjutnya, mohon panitia untuk mengondisikan pembeli supaya bisa lebih tertib. Sehingga, pedagang-pedagang cilik tidak bingung melayani pembeli yang berjubel,tutur salah satu perwakilan paguyuban yang hadir di sela-sela kegiatan tersebut.
 Semoga semakin bertambah pengalaman bermakna, ya! Selamat berjumpa di Business Day selanjutnya! Salam SBLovers!



Ditulis Oleh : Rizki Syahrul Mubarok, S.Pd.
Guru PJOK Kelas Atas
SD Islam Surya Buana


2 comments: