Pembelajaran Nyata tentang Cuaca




Hari Kamis, 18 Januari 2019 siswa-siswi kelas 3 SD Islam Surya Buana sedang melaksanakan Study Visual  ke BMKG (Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika) Karangploso. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menunjang terlaksananya pembelajaran di Tema 5 yaitu tentang cuaca. Pemilihan lokasi ini sangat tepat karena di BMKG Karangploso semua siswa secara langsung dapat melihat dan mengetahui bermacam- macam alat yang berhubungan dengan aktivitas alam.
Kegiatan Study Visual ini diikuti oleh 78 siswa dari kelas 3A, 3B, dan 3C. Di BMKG Karangploso, siswa- siswi dibentuk menjadi empat kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 20 dan 18 siswa. Setiap kelompok didampingi oleh satu pemandu dari BMKG Karangploso.
Berbagai macam  pengetahuan  yang mereka dapat antara lain, termometer yang berfungsi untuk  mengukur suhu  tanah pada  kedalaman  0 cm, 3 cm, 5 cm, 10 cm, 20 cm, 50 cm dan 100cm; penangkar hujan otomatis berfungsi untuk mengukur curah hujan otomatis; Sangkar  Meteorologi  yang berfungsi untuk meletakkan alat- alat klimatologi; AWS atau  Automatic Warning System yang berfungsi untuk mengukur arah dan kecepatan angin, kelembapan udara, curah hujan, dan intensitas matahari; Anemometer berfungsi untuk mengukur arah dan kecepatan angin; Gunnbelanu berfungsi untuk mengukur intensitas  rotasi matahari secara manual, dan Esimeter berfungsi untuk mengukur penguapan air  pada sebidang  tanah yang ada di dalamnya.
Pada pembelajaran kali ini, siswa- siswi sangat antusias belajar tentang cuaca beserta alat-alat yang digunakan serta fungsinya. Pembelajaran di luar kelas sangat diperlukan  untuk memberikan  suasana  baru untuk mereka.  Semoga outdoor Learning kali ini memberikan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman baru bagi siswa-siswi



Ditulis Oleh : Titik Nur Rohmah, S.Pd
Wali Kelas 3B
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment