GKAM 2019 : Ciptakan Generasi Bangsa yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Islami




Tak seperti hari Sabtu biasanya, tanggal 19 Januari 2019 SD Islam Surya Buana yang biasanya sepi karena tidak ada aktivitas pembelajaran mendadak ramai. Pagi itu, halaman sekolah sudah dipenuhi oleh banyak anak kecil beserta ayah bunda atau guru mereka yang berasal dari beberapa TK Se-Malang Raya. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan lomba yang merupakan agenda tahunan dalam program kerja di SD Islam Surya Buana. Kegiatan yang sebelumnya bernama “Gebyar Maulid“, sekarang menjadi “Gebyar Kreativitas Anak Muslim” (GKAM). GKAM tahun ini adalah GKAM yang kesembilan kalinya. Sesuai dengan temanya,  Ciptakan Generasi Bangsa yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Islami”, diharapkan semua peserta yang berpartisipasi mampu menjadi pribadi yang cerdas, kreatif, inovatif, dan mempunyai perilaku yang islami.
Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari KB/TK/RA se-Malang.  Ragam kegiatan lomba yang dapat mereka ikuti yaitu, lomba mewarna kategori A-B, tahfidz A-B, menyanyi B, adzan A-B, cerdas cermat B, dongeng islami B, dan recycle islamic fashion B. Tahun ini, peminat terbanyak dalam lomba yaitu pada lomba tahfidz kategori B. Peserta tahun ini mencapai 265 siswa. Juri yang menilai dalam kegiatan ini adalah juri yang sudah berkompeten dalam bidangnya. Yang spesial dari GKAM tahun ini adalah adanya piala bergilir yang berasal dari DPRD komisi D Kota Malang.
Dalam pembukaan acara ini, Ibu Dyah Christiana W., S.Pd., Kepala Seksi Peserta Didik dan Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang, menyampaikan bahwa sangat mendukung adanya kegiatan ini. “Dimulai dari usia dini, kita bisa melihat pendidikan karakter. Kreativitas anak-anak tidak hanya di akademik, tetapi juga di nonakademik. Itu harus digali sejak usia dini. Tidak hanya untuk festival anak muslim, tetapi juga untuk seni dan olahraga yang lain,” tutupnya.
Selain kegiatan lomba-lomba, GKAM tahun ini juga dimeriahkan oleh parade beberapa ekstrakurikuler yang ada di SD Islam Surya Buana. Di sela kegiatan lomba dan tampilan, ada banyak undian doorprize yang berasal dari sponsor pendukung GKAM 2019. Diantaranya, Toko Kain Nelly, Jawa Timur Park 1, Wardah, Susu Zee, Sahabat Alam, Air Mineral Subuh, Pecel Kane, Tupperware, Roti Madinah, Lapis Tugu Malang, Toko Emit’s, Faber Castell, Ederto, Bank Jatim, Rumh Makan Minang Sejati, dan masih banyak juga stand bazar yang turut serta memeriahkan kegiatan ini.
Tak terasa waktu semakin siang, beberapa lomba mulai berakhir. Pengumuman juara yang dinanti para peserta akhirnya diumumkan. Perolehan juara Umum dalam kegiatan GKAM 2019 kali ini berhasil dibawa pulang oleh BA RESTU 2 dengan perolehan total juara  sebanyak 12. Dengan berakhirnya pengumuman juara, berakhir pula kegiatan ini. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, bisa turut serta mewujudkan generasi masa depan yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Islami. Sampai jumpa di GKAM 2020, ya!

Ditulis Oleh : Sri Winarti, S.Psi
Guru Kelas 3C
SD Islam Surya Buana Malang


You may like these posts:

No comments:

Post a Comment