Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Sunday, January 27, 2019

GKAM 2019 : Ciptakan Generasi Bangsa yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Islami



Tak seperti hari Sabtu biasanya, tanggal 19 Januari 2019 SD Islam Surya Buana yang biasanya sepi karena tidak ada aktivitas pembelajaran mendadak ramai. Pagi itu, halaman sekolah sudah dipenuhi oleh banyak anak kecil beserta ayah bunda atau guru mereka yang berasal dari beberapa TK Se-Malang Raya. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan lomba yang merupakan agenda tahunan dalam program kerja di SD Islam Surya Buana. Kegiatan yang sebelumnya bernama “Gebyar Maulid“, sekarang menjadi “Gebyar Kreativitas Anak Muslim” (GKAM). GKAM tahun ini adalah GKAM yang kesembilan kalinya. Sesuai dengan temanya,  Ciptakan Generasi Bangsa yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Islami”, diharapkan semua peserta yang berpartisipasi mampu menjadi pribadi yang cerdas, kreatif, inovatif, dan mempunyai perilaku yang islami.
Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari KB/TK/RA se-Malang.  Ragam kegiatan lomba yang dapat mereka ikuti yaitu, lomba mewarna kategori A-B, tahfidz A-B, menyanyi B, adzan A-B, cerdas cermat B, dongeng islami B, dan recycle islamic fashion B. Tahun ini, peminat terbanyak dalam lomba yaitu pada lomba tahfidz kategori B. Peserta tahun ini mencapai 265 siswa. Juri yang menilai dalam kegiatan ini adalah juri yang sudah berkompeten dalam bidangnya. Yang spesial dari GKAM tahun ini adalah adanya piala bergilir yang berasal dari DPRD komisi D Kota Malang.
Dalam pembukaan acara ini, Ibu Dyah Christiana W., S.Pd., Kepala Seksi Peserta Didik dan Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang, menyampaikan bahwa sangat mendukung adanya kegiatan ini. “Dimulai dari usia dini, kita bisa melihat pendidikan karakter. Kreativitas anak-anak tidak hanya di akademik, tetapi juga di nonakademik. Itu harus digali sejak usia dini. Tidak hanya untuk festival anak muslim, tetapi juga untuk seni dan olahraga yang lain,” tutupnya.
Selain kegiatan lomba-lomba, GKAM tahun ini juga dimeriahkan oleh parade beberapa ekstrakurikuler yang ada di SD Islam Surya Buana. Di sela kegiatan lomba dan tampilan, ada banyak undian doorprize yang berasal dari sponsor pendukung GKAM 2019. Diantaranya, Toko Kain Nelly, Jawa Timur Park 1, Wardah, Susu Zee, Sahabat Alam, Air Mineral Subuh, Pecel Kane, Tupperware, Roti Madinah, Lapis Tugu Malang, Toko Emit’s, Faber Castell, Ederto, Bank Jatim, Rumh Makan Minang Sejati, dan masih banyak juga stand bazar yang turut serta memeriahkan kegiatan ini.
Tak terasa waktu semakin siang, beberapa lomba mulai berakhir. Pengumuman juara yang dinanti para peserta akhirnya diumumkan. Perolehan juara Umum dalam kegiatan GKAM 2019 kali ini berhasil dibawa pulang oleh BA RESTU 2 dengan perolehan total juara  sebanyak 12. Dengan berakhirnya pengumuman juara, berakhir pula kegiatan ini. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, bisa turut serta mewujudkan generasi masa depan yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Islami. Sampai jumpa di GKAM 2020, ya!

Ditulis Oleh : Sri Winarti, S.Psi
Guru Kelas 3C
SD Islam Surya Buana Malang


Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM