Belajar Asyik dan Menarik di Milkindo Kepanjen



         Pada hari Senin dan Selasa, atau tepatnya tanggal 21-22 Januari 2019, Kota Malang diguyur hujan sejak pagi. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat kami, rombongan siswa-siswi dan guru kelas 1 untuk tetap melaksanakan agenda bulanan di sekolah kami yaitu kegiatan study visual. Kali ini, tujuan Study Visual kami adalah Milkindo Kepanjen. Lokasi tersebut dipilih karena sebelumnya memang belum pernah kami kunjungi. Selain itu, yang lebih penting lagi karena sesuai dengan muatan tema 5 Pengalamanku, sub tema 4 Pengalaman yang Berkesan dengan berbagai agenda kegiatan yang mungkin belum pernah dilakukan oleh seluruh siswa kelas 1.
Kami berangkat sekitar pukul 08.45 WIB dari sekolah dengan mengendarai angkot. Keberangkatan ke Milkindo Kepanjen dibagi menjadi dua hari. Hari Senin, 21 Januari 2019 giliran kelas 1B dan 1C. Sedangkan hari Selasa, 22 Januari 2019, giliran kelas 1A dan 1D. Perjalanan ditempuh kurang lebih selama 1 jam dan selama di perjalanan banyak sekali pemandangan indah yang kami amati dan nikmati. Keseruan-keseruan lain yang dilakukan siswa-siswi seperti bermain tebak-tebakan.
“Eh, coba sebutkan siapa nama panjangku! Nanti yang bisa jawab, aku kasih stiker pembatas buku,” celoteh Alifa (siswa kelas 1D).
Siswa-siswi satu angkot pun berebut menjawab sembari mengangkat tangannya.
 “Aku, aku, aku... “
“Bu, boleh makan kue? Tapi nanti kalau tumpah karena tiba-tiba mobilnya mengerem dan berhenti gimana? Hehehe..”
Masih banyak keseruan obrolan siswa-siswi, hingga tak terasa rombongan kelas 1 SD Islam Surya Buana telah sampai di Milkindo Kepanjen sekitar pukul 10.05 WIB. Di sana, kami langsung disambut oleh petugas yang ramah. Kami pun dipersilahkan masuk ke dalam ruangan dengan agenda pertama yang kami lakukan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, kids dance, perkenalan bersama petugas yang nantinya akan mendampingi kami untuk berkeliling area Milkindo, bermain game tebak warna tulisan, mendengarkan informasi tentang Milkindo, serta pengetahuan tentang sapi perah yang banyak terdapat disana. 
Setelah itu, kegiatan yang ditunggu-tunggu pun datang juga yaitu berkeliling untuk melihat sapi perah dan memberi makan anak sapi. Kami dibagi menjadi dua kelompok menurut kelas masing-masing. Tujuan pertama kami yaitu berkeliling melihat berbagai sapi perah yang ada dan memerah susu sapi. Setelah melihat sapi yang akan diperah susunya, ternyata ada beberapa siswa yang langsung antusias untuk mencoba dan ada pula yang memilih mundur karena takut. Setelah dirayu oleh petugas di sana, para siswa yang awalnya takut menjadi berani.
 Setelah semua bergiliran mencoba memerah susu sapi, kami pun melanjutkan perjalanan berkeliling melihat berbagai sapi perah dan anak sapi yang ada di sana. Berikutnya, kami diajak untuk ke kandang sapi yang lokasinya ada di lingkungan luar. Sebelum menuju ke sana, setiap siswa diberi satu batang rumput untuk makanan sapi. Para siswa sangat senang bisa memberi makan sapi, dengan girangnya mereka ingin rumput yang dibawanya dapat dimakan sapi. Selanjutnya, kami pun berkeliling lagi untuk melihat berbagai jenis hewan lain yang ada di sana. Seperti kolam lele, kandang burung love bird, kolam angsa, kandang domba, dan kandang kuda.
Usai melakukan beragam kegiatan yang berhubungan dengan peternakan sapi perah, para siswa melanjutkan bermain wahana yang ada disana seperti trampolin, ayunan, perosotan, dan berbagai permainan outbound. Setelah mereka puas bermain dan merasa lelah, kami pun segera kembali ke ruangan awal kami berkumpul. Para siswa semakin senang karena mereka mendapat susu botol hasil olahan susu segar dari sapi perah yang ada di sana secara cuma-Cuma. Sebelum pulang, kami juga mendapatkan pupuk kandang.
Tuntas menjelajah Milkindo, rombongan kelas 1 SD Islam Surya Buana Malang segera bersiap pulang dan menuju ke angkot masing-masing karena jam sudah menunjukkan pukul 12.30 WIB. Selama perjalanan pulang, prediksi Bapak Ibu guru pendamping, para siswa akan terlelap tidur karena banyaknya aktivitas yang mereka lakukan. Ternyata, apa yang diekspektasikan oleh Bapak Ibu Guru pendamping tidak sesuai dengan realita. Para siswa malah asyik bercerita dengan temannya tentang asyiknya belajar di Milkindo Kepanjen. Tetapi, ada beberapa siswa yang mulai terlelap tidur karena kelelahan mereka.
Semoga kegiatan kali ini bisa menambah wawasan dan pengalaman berkesan bagi para siswa. Belajar tak harus di kelas, bukan? Alhamdulillah, benar-benar sekolah yang menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.

Ditulis Oleh : Dewi Husnul A., S.Pd.
Guru Kelas 1D
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment