Ada Buku Saku Selama Liburan



            Usai menempuh aktifitas pembelajaran selama satu semester, tibalah waktu beristirahat sejenak dari rutinitas harian di sekolah. Liburan merupakan salah satu moment yang paling ditunggu bagi mereka yang berstatus sebagai pelajar. Tak terkecuali para siswa di SD Islam Surya Buana Malang. Mereka begitu antusias menyambut liburan setelah menutup kegiatan akhir semester ganjil dengan Haflah Nishfu Sannah dan Pengambilan Rapor.
           Salah satu hal terpenting yang biasanya menimbulkan kekhawatiran bagi sebuah lembaga pendidikan adalah hilangnya kebiasaan-kebiasaan positif para siswa selama di sekolah ketika liburan. Bahkan, kekhawatiran tersebut sepertinya juga dirisaukan oleh orangtua. Untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut, SD Islam Surya Buana Malang mempunyai produk unggulan sekolah yang dinamakan Buku Saku Liburan. Ditemui saat pengambilan rapor semester ganjil, Sabtu 15 Desember 2018, Kepala SD Islam Surya Buana, Endang Suprihatin sangat berharap dengan adanya buku ini akan bisa membantu Ayah Bunda untuk memantau kegiatan Ananda, terutama dalam ibadah sehari-hari dan pembatasan pemakaian gawai.
            Buku Saku Liburan semester ini adalah edisi kedua setelah launching pertama di liburan semester lalu. Disusun oleh tim Kelompok Kerja Guru (KKG) mini kelas paralel, buku ini menjadi saku para siswa selama liburan sekolah. Lalu, apa saja isi dari Buku Saku Liburan ini? Buku ini didesain khusus setiap semester dengan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para siswa masing-masing kelas secara paralel. Materi-materi tersebut tak hanya mencakup aspek kognitif saja. Melainkan juga mencakup aspek sikap sosial, sikap spiritual, dan aspek keterampilan. Beragam kegiatan juga diselipkan diantara materi tersebut. Tentunya, kegiatan tersebut dapat mengasah para siswa untuk mempunyai kemampuan abad 21 atau yang lebih dikenal dengan 4C yaitu critical thinking, creativity, communication, dan collaboration.
Suksesnya produk unggulan sekolah ini tentunya tak lepas dari peran serta orangtua. Dengan adanya buku ini, semoga bisa meminimalisir kekhawatiran yang dirasakan oleh lembaga sekolah dan orangtua. Kesuksesan tujuan buku ini untuk memantau kegiatan para siswa selama liburan akan menjadi kebanggaan tersendiri, khususnya bagi lembaga sekolah. Semoga dengan adanya Buku Saku Liburan ini bisa menjadi salah satu inspirasi bagi lembaga sekolah atau orangtua yang memiliki rasa kekhawatiran yang sama.

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Wali Kelas 6D
SD Islam Surya Buana Malang
(Tulisan ini pernah dimuat dalam rubrik Citizen Reporter Harian Surya, pada hari Sabtu, 29 Desember 2018)


No comments:

Post a Comment