Terdapat
4 stand dalam Business Day kali ini. Stand pertama diisi kelas 6-A,
stand kedua diisi kelas 6-B, stand ketiga diisi kelas 6-C dan stand keempat diisi
kelas 6-D. Jika kelas 1-5 mengenakan kostum mancanegara, maka kelas 6 memilih
ciri khas bangsa Indonesia, yaitu batik. Agar lebih menarik, setiap stand
menunjukkan iconnya masing-masing dengan mengenakan property yang
berbeda. Kelas 6-A mengenakan property
caping yang melambangkan Indonesia adalah negara agraris. Selain untuk icon,
fungsi caping tersebut adalah sebagai pelindung dari panas matahari karena stand
bazar disetting di tempat terbuka tanpa terop di atasnya. Kemudian kelas 6-B
yang merupakan kelas putri, memakai property yang menjadikan penampilan
mereka tampak lebih cantik dan anggun
bagai putri, yaitu flower crown atau mahkota bunga, yang dulunya lebih sering digunakan oleh wanita saat
upacara pernikahan. Kemudian property kelas 6-C yang terdiri dari anak
putri, juga tak ingin kalah yaitu bando pompom. Apa itu pompom? Pompom adalah
benda lucu yang berbentuk bulat dan berbulu yang saat ini juga sedang hits. Beberapa
siswa kelas 6-C ada yang tetap memilih asli bando pompom sesuai desain aslinya,
ada juga yang memodifikasi pompom dengan
melekatkan pada topi. Stand terakhir adalah kelas 6-D dengan property
dari kreasi kertas aneka warna yang bertuliskan nama kelompok beserta nama
produk makanna/minuman yang mereka jual. Dengan dilengkapi property yang
demikian, semakin menunjukkan bahwa mereka adalah siswa-siswi yang mempunyai
kreativitas yang sangat tinggi.
Produk
yang dijual adalah makanan dan minuman yang sehat, bergizi, dan tentunya
kekinian. Masing-masing siswa membawa produk dari rumah maksimal 15 buah dengan
harga dipatok maksimal Rp. 5.000,-. Stand Kelas 6-A menjual piscok, donat,
cireng, susu, tahu tuna dan sebagainya. Stand kelas 6-B menjual es jelly, sostel,
mango boat, beef burger, thai tea, susu real good,
tempura, tahu crispy, donat, dsb. Stand kelas 6-C menjual jus mangga, mango
pudding, nasi goreng, cilok mini goreng, martabak mie, lalapan, siomay
kukus, capcin, ice fantastic, kentang goreng, sosis bakar, ocean breeze,
juices, chocolato dippod fruits skewer, dan french fries.
Sedangkan stand kelas 6-D menjual roti bakar, pizza, coklat/matoha, pudding, milk
tea, milo ice dan masih banyak lainnya. Dari nama produk minuman dan
makanan yang mereka jual cukup mendeskripsikan bahwa mereka up to date mengikuti
trend dan berimajinasi tinggi agar nama produk yang mereka jual cepat menarik
konsumen.
Bussiness
Day tersebut dimulai pukul 06.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 10.30 WIB.
Alhamdulillah barang dagangan mereka mayoritas ludes terjual. Ada banyak faktor
yang mempengaruhi cepat lambatnya produk mereka terjual, diantaranya produk
sudah memang menjadi favorit pembeli, siswa aktif menjanjikan promo, door
prize, produk berkualitas dengan harga yang murah, siswa aktif jemput bola/berkeliling
memasarkan produk menemui konsumen, produk yang dijual berupa minuman, siswa
kreatif mendesain stand, diantaranya menyiapkan mini speaker blutooth,
X-banner yang indah, serta perencanaan
yang matang.
Semoga
Business Day mereka yang kali kedua ini semakin menambah wawasan dan pengalaman
mereka dalam berwirausaha. Selamat berjumpa di cerita Business Day
berikutnya!
Oleh: Kurniawati, S.Si., S.Pd.
Guru Kelas
VI & Waka Kurikulum
SD IslamSurya Buana Malang
No comments:
Post a Comment