Akhiri Kegiatan Semester Ganjil, SDI Surya Buana Gelar Haflah Bertajuk Jelajah Dunia



Malang, Sabtu 15 Desember 2018, disambut dengan gerimis dan dinginnya kota Malang tak menyurutkan semangat pagi para siswa – siswi SD Islam Surya Buana. Hari ini, SD Islam Surya Buana punya gawe besar yang merupakan agenda tahunan di semester ganjil, yaitu  Haflah Nisfu Sanah dan Pembagian Rapor Semester Ganjil dengan Tema “Jelajah Dunia dengan Menggapai Cita Mewujudkan Generasi Milenial yang Berakhlakul Karimah”. Bertempat di Gedung Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, acara dibuka dengan kalam ilahi yang dibawakan oleh siswa-siswi yang tergabung dalam ekstra tahfidz. Dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza, sambutan oleh kepala sekolah SD Islam Surya Buana Endang Suprihatin, S.S., S.Pd., sambutan oleh Direktur Perguruan Surya Buana Bapak Elwan dan diakhiri dengan doa.
Memasuki acara nonformal yang diisi dengan rangkaian acara yang merupakan apresiasi bakat dan minat siswa-siswi SD Islam Surya Buana. Acara nonformal tersebut diawali oleh penampilan siswa-siswi dari ekstra tahfidz. Kemudian dilanjutkan parade ekstra yang terdiri dari ekstra tapak suci, taekwondo, fashion, dan tari yang disambut dengan antusias oleh audience.
Selain penampilan kegiatan ekstra, ada juga penampilan per kelas yang mengusung tema mancanegara sebagai wujud bahwa SD Islam Surya Buana sedang bersiap untuk mengikuti perkembangan Revolusi Digital 4.0. Dimulai dari kelas 1 hingga kelas 5 yang mengusung tema Negara Malaysia, Timur Tengah, India, Cina, dan Indonesia.
Secara lebih spesifik, tampilan per kelas tersebut adalah sebagai berikut. Kelas 1 menampilkan kegiatan fashion show dan tarian khas Malaysia. Kelas 2 menampilkan sebuah drama musikal yang berjudul cerita Firaun, kelas 3 menampilkan tarian yang berasal dari India yaitu Bolicidiyan dan Goi Mi Le Gea, kelas 4 menampilkan fashion show, tari kipas, tari lampion, dan tari leang-leong khas Cina, serta yang paling akhir adalah penampilan kelas 5 yang menyajikan tari-tarian serta fashion show dari berbagai daerah di Indonesia.
Di balik suksesnya berbagai macam penampilan tersebut, ada kerjasama yang luar biasa dari paguyuban kelas. Sebagai bentuk apresiasi berbagai macam penampilan dan kerjasama paguyuban, ada beberapa penghargaan yang diberikan oleh panitia. Diantaranya, kategori penampilan terbaik, kostum terbaik, kreativitas tampilan terbaik, kekompakan, make up, tata panggung, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tak hanya meriah dengan penampilan minat dan bakat, Haflah Nisfu Sanah tahun ini juga meriah karena kegiatan Business Day dari kelas 6 A-D. Seperti pada agenda Business Day sebelumnya, para siswa-siswi kelas 6 menyiapkan produk makanan dan minuman sehat ala mereka. Ingin tahu kelanjutan ceritanya seperti apa? Tunggu di berita selanjutnya, ya!
Alhamdulillah. Kegiatan semester ganjil di tahun pelajaran 2018/2019 telah selesai dengan sangat baik. Selamat berlibur, dan sampai jumpa di semester ganjil dengan semangat yang lebih baru lagi.



Ditulis oleh : Sri Winarti, S.Psi. / Guru Kelas 3C
SD Islam Surya Buana Malang

No comments:

Post a Comment