Serunya Belajar Melalui Business Day




Awal bulan November yang ceria, tepatnya hari Jumat tanggal 2 November 2018, seluruh siswa-siswi kelas IV SD Islam Surya Buana melaksanakan kegiatan Business Day. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan sekolah yang dilaksanakan tiap bulan. Kali ini giliran kelas IV A-D untuk belajar bagaimana menjadi entrepreneur yang hebat, jujur, dan ramah sesuai ajaran Rosulullah.
Kegiatan Business Day kali ini memakai dresscode yang berbeda untuk masing - masing kelas, kelas IV-A warna biru, IV-B warna hitam, IV-C warna merah, dan terakhir IV-D warna putih. Masing-masing kelas dibagi menjadi 6 kelompok kecuali kelas IV-D yaitu 4 kelompok.
Masing-masing siswa mendapatkan modal Rp 20.000 dari sekolah untuk modal berjualan. Sekitar pukul 09.00 WIB, siswa-siswi bersiap-siap menata barang dagangannya, lengkap dengan display yang menarik, yang pasti tiap anak membawa menu makanan dan minuman yang sehat, lezat, harga murah, dan tentunya sedang digemari oleh siswa-siswi. Menu di Business Day kali ini, yaitu : pisang selimut, kebab, puding, ice goyang, marble cake, spageti, nuget mie, pudot, nasi goreng kepo, jus buah, es beng-beng, dorayaki, pimie, sandwich, tenat, robepi, dan masih banyak lagi. Untuk harga yang ditawarkan mulai Rp 1.000 hingga Rp 5.000.
Tepat pukul 09.20, ketika waktu istirahat tiba, seluruh siswa kelas IV mulai menawarkan dagangannya ke pembeli yaitu mulai adik kelas 1-3 dan kakak kelas 5-6, termasuk juga Bapak Ibu Guru. Suasana pun menjadi ramai dan seru karena para siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini.
Ada berbagai trik yang ditawarkan siswa layaknya pedagang yang handal. Dalam kegiatan Business Day kali ini tidak ketinggalan juga ada menu yang sudah tidak asing lagi dari guru-guru cantik yang ikut menyemarakkan suasana, yaitu es Mantul "Mantap Betul". Semakin seru, bukan?
Setelah selesai kegiatan, siswa-siswi diberi Lembar Kerja oleh wali kelas masing-masing yang berisi tentang laporan penjualan, yaitu apakah laba atau rugi, cara membuat menu tersebut, dan kesan-kesan selama mengikuti kegiatan Business Day.
Kegiatan ini banyak memberikan pembelajaran bagi siswa, yaitu bagaimana mereka menjadi inovatif, kreatif, dan komunikatif, serta  belajar menjadi entrepreneur yang hebat. Semoga kegiatan ini memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, menjadikan sekolah SD Islam Surya Buana semakin menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.

Ditulis Oleh : Hartutik Nurul Khasanah, S.Pd. / Wali Kelas IV-D

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment