Petualangan Seru bersama The Bagong Adventure



Study visual kelas V kali ini telah dijadwalkan mengunjungi "The Bagong Adventure" Museum Tubuh Kota Batu. Kegiatan ini merupakan Study Visual gabungan dari tema 2 sampai 4 yang sebagian besar mempelajari tentang tubuh manusia. Tepat di hari Rabu, 31 Oktober 2018, selepas sholat dhuha, seluruh siswa kelas V bersiap menuju angkutan masing-masing. Perlu diketahui, dalam kegiatan ini para siswa memanfaatkan transportasi umum yang sengaja disewa untuk mengantarkan seluruh siswa ke lokasi study visual. Dengan riang gembira mereka semua menikmati perjalanan.
Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, rombongan sampai di tempat tujuan. Seluruh siswa kelas V berbaris sesuai kelasnya, mengantri dengan tertib supaya mendapat gelang tiket untuk masuk ke dalam zona-zona yang ada di dalam Museum Tubuh. Sebelum masuk ke dalamnya, tidak lupa semua siswa memberi identitas pada lembar kerja yang harus mereka kerjakan selama di dalam museum. Agar kegiatan di dalam berjalan lancar, para siswa dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan kelas masing-masing.
Zona pertama yang mereka masuki adalah zona gigi. Sesuai dengan namanya, di dalam zona ini, para siswa diajak untuk mengenal lebih jauh tentang gigi manusia dan juga lidah. Selesai dari zona gigi mereka beranjak menuju zona telinga, zona hidung, zona mata, zona otak, zona paru-paru, zona jantung, zona ginjal, zona usus, dan zona hati. Di masing-masing zona itu, para siswa mendapat penjelasan yang cukup detail mengenai bagian-bagian dari organ tersebut, fungsi, cara pemeliharaan kesehatan, dan beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang organ-organ tersebut.
Selain zona tentang organ tubuh, para siswa juga menikmati fasilitas lainnya yang berupa zona aktifitas. Di zona ini mereka bisa mencoba beberapa profesi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Disamping itu, para siswa juga menikmati zona cinema 3D, dan inilah zona yang paling mereka tunggu. Film yang mereka tonton adalah film animasi yang berkaitan dengan sistem imun dalam tubuh manusia. Selesai menikmati film tersebut, seluruh siswa kelas V berkumpul di depan cafe gigi untuk menikmati snack box yang disediakan. Tepat adzan dhuhur berkumandang, rombongan bergegas menuju angkutan masing-masing untuk kembali lagi ke sekolah. Dalam perjalan tersebut, seluruh rombongan berhenti di Masjid Annur Kota Batu untuk menunaikan sholat dhuhur berjamaah.
Alhamdulillah, kegiatan yang mereka tunggu akhirnya terlaksana dengan lancar. Seluruh siswa antusias dalam semua kegiatan dan tidak ada yang mabuk di perjalanan. Sampai jumpa di kegiatan study visual berikutnya.

Ditulis Oleh : Maratus Sholikah, S.Pd. / Wali Kelas 5C
SD Islam Surya Buana



No comments:

Post a Comment