Meriahkan Puncak Kegiatan Akhir Tema Ke Jatimpark 1





Mengakhiri kegiatan pembelajaran tematik di semester ganjil, siswa-siswi kelas VI SD Islam Surya Buana melaksanakan Study Visual ke Jawa Timur Park 1 pada hari Senin, 19 November 2018. Study visual terakhir selama enam tahun di SD Islam Surya Buana ini biasa disebut dengan puncak kegiatan akhir tema. Sejumlah 78 siswa dan empat guru bertolak menuju Kota Wisata Batu dengan mengendarai angkutan kota yang sudah disewa sebelumnya.
            Sesampai di lokasi, masing-masing kelas 6A hingga 6D menyempatkan untuk berfoto bersama dengan wali kelas masing-masing. Karena hari itu adalah hari kecepit nasional, tak heran apabila banyak rombongan siswa-siswi dari dalam maupun luar Kota Malang berbondong-bondong untuk memanfaatkan hari tersebut. Dengan keadaan yang lumayan crowded, tak menyurutkan semangat dan antusias siswa-siswi kelas VI SD Islam Surya Buana untuk mengikuti kegiatan hingga akhir.
            Untuk menghindari kecrowdedan kegiatan, pemandu dari Jatimpark 1 menyarankan rombongan dari SD Islam Surya Buana untuk menunggu selama dua puluh menit. Tujuannya adalah agar rombongan dari SD Islam Surya Buana bisa memanfaatkan pemandu dan media pembelajaran yang ada di dalam dengan sangat baik.
            Setelah memasuki area ticket checking, siswa-siswi disambut oleh Galeri Etnik Nusantara. Sejenak mereka berkumpul sebentar bersama pemandu, menyiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah diberi oleh Jatimpark 1, serta mulai mengisi LKS halaman 1. Di galeri etnik nusantara ini, mereka belajar tentang topeng malangan dan beberapa upacara adat.
            Di sepanjang perjalanan menuju Science Center Kimia Biologi, siswa-siswi banyak belajar tentang kebudayaan khas Provinsi Jawa Timur. Berbeda lagi ketika mereka sampai di Science Center. Mereka belajar banyak hal. Mulai dari perubahan zat, nama ilmuwan dunia, proses fotosintesis, ciri khusus tanaman monokotil-dikotil, hingga perubahan energi.
            Yang tidak kalah serunya, siswa-siswi diajak memasuki Science Stadium. Di ruangan tersebut, ada tribun khusus untuk pengunjung menyaksikan berbagai peragaan sains. Di muka ruangan juga terdapat meja display untuk memperlihatkan beberapa peragaan sains. Peragaan sains yang sempat dilakukan oleh perwakilan siswa-siswi SD Islam Surya Buana adalah percobaan Asam-Basa dan permainan matematika. Tak lupa siswa-siswi menuliskan laporan percobaan di LKS yang telah disediakan.
            Rute selanjutnya adalah Taman Buah dan Sayur. Di taman ini, siswa-siswi banyak sekali menjumpai berbagai macam buah dan sayur. Dilengkapi dengan papan display, memudahkan siswa-siswi belajar tentang nama buah/sayur, nama latin, beserta manfaatnya.
            Usai belajar tentang buah dan sayur, siswa-siswi melanjutkan perjalanan menuju Taman Sejarah. Di taman ini, mereka banyak menjumpai prasasti sejarah kerajaan di Indonesia. Mereka belajar tentang Pandhuraksa, tokoh sejarah seperti Dewi Sri, hingga tradisi bercocok tanam pada zaman prasejarah.
            Tak hanya belajar tentang sejarah kerajaan di Indonesia, siswa-siswi juga belajar sejarah bangsa Indonesia. Dengan adanya diorama momentum sejarah bangsa, tentunya sangat memudahkan siswa-siswi mencermati setiap momentum menuju kemerdekaan Indonesia. Mulai dari momentum hari pahlawan, konferensi meja bundar, momentum sumpah pemuda, persiapan proklamasi kemerdekaan, dan masih banyak lagi. Mereka juga belajar tentang sejarah mata uang rupiah serta kantor pos Indonesia.
            Rute akhir pembelajaran adalah tentang Keraton Nusantara dan Batik. Di rute ini, siswa-siswi belajar sejarah keraton-keraton di Indonesia beserta batik khas daerah Indonesia.
            Setelah pemandu Jatimpark 1 berpamitan, siswa-siswi pun beristirahat sejenak untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dan makan siang. Setelah kegiatan ishoma, mereka bersiap kembali untuk melanjutkan perjalanan menelusuri berbagai wahanan permainan yang ada di Jatimpark 1. Mulai dari Flying Tornado, Mamugu Show, Fish Park, 3D Theater, Galaxy Bumper Car, GoKart, Dragon Coaster, dan masih banyak lagi.
            Semoga puncak kegiatan akhir pembelajaran tematik kelas VI ini menjadi akhir pembelajaran yang berkesan dan bermakna bagi siswa-siswi. Sampai jumpa di kegiatan kami yang lainnya!

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Wali Kelas 6-D
SD Islam Surya Buana

1 comment:

  1. Subahnalloh...
    Luaarr Biasa kegiatan di SD Surbun..
    Salut buat team pendidik di SD Surbun...
    Semoga berbalas dg Pahala... Aamiin..🙏🙏🙏

    ReplyDelete