Akreditasi, SD Islam Surya Buana Berhasil Mempertahankan Predikat Unggul



Usai melaksanakan visitasi akreditasi pada hari Rabu, 15 Agustus 2018, akhirnya SD Islam Surya Buana kembali meraih predikat A dengan nilai 92. Berdasarkan SK BAN PT Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Timur Nomor : 133/BAN-S/M.35/SK/X/2018, ke delapan standar dengan urutan Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian secara berurutan mendapatkan nilai 95, 95, 92, 87, 83, 95, 95, dan 92.

Akreditasi tahun ini sedikit berbeda dengan akreditasi sebelumnya. Salah satu perbedaannya terletak pada rentang nilai. Akreditasi tahun lalu nilai 86 sudah mendapat predikat unggul, sementara tahun ini harus mencapai nilai 91 agar mendapat predikat unggul.
Berdasarkan penjelasan asesor pada rapat evaluasi visitasi, bahwa apabila terjadi penurunan pada nilai, bukan kualitas sekolahnya yang menurun, tetapi pada gradasi nilainya yang dinaikkan.
Selain itu, perbedaan yang lainnya terdapat pada redaksi kalimat pada instrumen penilaian. Dengan perubahan tersebut, tim sekolah yang akan divisitasi harus benar-benar teliti dalam memahami indikator agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan bukti fisik.
Tak hanya kedua perbedaan tersebut, ada satu lagi perbedaan yang terdapat pada visitasi akreditasi tahun ini. Perbedaan tersebut terletak pada sistem asesornya. Untuk tingkat SD/MI dulunya berasal dari satu wilayah kota, tetapi sekarang berasal dari lintas kota dan lintas jenjang.
Dengan kerja keras dan kerja bersama antar komponen dalam sekolah, alhamdulillah SD Islam Surya Buana bisa mempertahankan predikat unggul. Terimakasih kepada para pihak yang telah ikut berjuang. Semoga predikat yang telah dicapai membawa kebaikan untuk kita semua. Tentunya, SD Islam Surya Buana akan terus berproses untuk menjadi sekolah yang sesuai dengan visi dan misinya. Menjadi sekolah yang menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari / Wali Kelas 6D / Guru Bahasa Indonesia Kelas 6

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment