Study Visual Kelas 1 : Naik Bus Macyto Hingga Berkunjung Ke Perpustakaan Kota



“Pagiku cerahku matahari bersinar, ku gendong tas merahku di pundak”, lagu bel pagi telah berbunyi, siswa-siswi SD Islam Surya Buana bergegas baris di depan kelas sebelum memulai aktifitas pembelajaran. Sesuai lagu bel masuk, hari itu Senin, 15 Oktober 2018 pagi terasa cerah. Suasana gembira sedang menyelimuti siswa-siswi kelas 1 SD Islam Surya Buana yang akan melaksanakan Study Visual.
Kegiatan study visual dengan tema pembelajaran “Kegiatanku” siswa-siswi kelas 1 kali ini diawali dengan berkeliling mengenal Kota Malang dengan menggunakan Bus Macyto. Rombongan siswa dan guru kelas 1 sampai di Tarekot Umum Kota Malang (Taman Rekreasi Kota Malang) Jl. Tugu No 1 Malang pukul 09.00 WIB.
Sambil menunggu giliran naik bus, siswa-siswi bermain di arena bermain. Siswa-siswi sangat senang bermain di area bermain. Selain itu, ada juga yang berjalan-jalan melihat hewan-hewan seperti kelelawar, landak, dan burung. Panas mulai terik, snack dan air minum sudah mulai habis, Bus Macyto yang kami tunggu belum datang juga. Kegiatan pun dilanjutkan dengan duduk berkelompok menulis cerita bersama Guru kelas masing-masing.
Tersiar kabar bahwa setengah jam lagi bus akan datang. Kami pun semakin semangat menunggu Bus Macyto. Tak terbayang nanti senangnya siswa-siswi yang sudah sabar menanti akan berkeliling kota naik kendaraan tersebut. Jam sudah menunjukkan pukul 11.10 WIB, kami pun solat dzuhur di masjid yang ada di situ. Setelah solat dzuhur, Bus Macyto yang kami tunggu sudah siap membawa kami berkeliling kota.
Tidak sia-sia kami menunggu, walau siang hari tapi naik Bus Macyto sangat menyenangkan dan tetap seru sekali. Bisa melihat indahnya dan hiruk pikuknya Kota Malang dari atas bus. Dengan naik Bus Macyto ini, siswa-siswi bisa melihat banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, seperti ada yang berjalan kaki di trotoar, ada yang naik becak, ada yang berjualan, melihat pengendara sepeda motor antri di lampu merah, ada polisi lalu lintas yang mengatur jalan, melihat banyak pertokoan berjajar, rumah sakit, sekolah-sekolah, kantor-kantor serta masih banyak lagi. Siswa-siswi juga bisa mengamati alam, indahnya alam ciptaan Allah yaitu pohon-pohon yang rindang di Kota Malang berwarna warni hijau, kuning, dan ungu serta pegunungan. Tak terasa 1 jam berlalu, sampailah kami kembali di Tarekot.
Siang hari kami masih semangat, rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan Kota Malang.  Siswa-siswi bercerita kepada gurunya bahwa mereka sudah tidak sabar membaca buku-buku yang ada di sana dan meminjam buku cerita. Sesampainya di Perpus Kota, siswa-siswi berbaris bergegas meletakkan tas dan sepatu dengan rapi. Sebelum membaca, kami disambut oleh Bapak Ibu yang menjaga ruang baca anak. Siswa-siswi langsung menyerbu almari buku, mencari buku yang ingin mereka baca sendiri atau bersama dengan teman-teman. Mereka menambah wawasan dengan banyak membaca. Kegiatan menarik ini membuat siswa rajin membaca karena ada banyak sekali buku-buku yang bagus untuk mereka baca agar kelak menjadi anak yang pintar. Selesai membaca di perpustakaan kota, kami berpamitan dengan Bapak Ibu disana.
Selesai sudah kegiatan Study Visual kelas 1 dengan tema “Kegiatanku”. Hari ini dilalui dengan sabar dan menyenangkan. Terimakasih tak lupa kami sampaikan kepada Dinas Pariwisata dan Perpustakaan Umum Kota Malang untuk semua kegiatan yang menyenangkan.

Ditulis Oleh : Fitria Rohima Atika, S.Si. / Guru Kelas 1B
SD Islam Surya Buana

You may like these posts:

1 comment:

  1. terimakasih atas pengalaman berharga yang diberikan kepada siswa-siswi SDI Surya Buana. melalui kegiatan ini semoga anak-anak semakin semangat dalam meningkatkan aktivitas belajar, baik dirumah maupun disekolah.

    ReplyDelete