Serunya ikut Perjusa



Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu) SD Islam Surya Buana kembali diselenggarakan pada Jumat, 5 Oktober 2018 sampai dengan Sabtu, 6 Oktober 2018. Perkemahan yang diadakan setiap tahunnya dan berjalan kali kedua itu pun kembali membuka pengalaman baru bagi siswa-siswi SD Islam Surya Buana, khususnya kelas 4 dan 5. Kegiatan yang dinanti-nanti siswa akhirnya diselenggarakan dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Antusias mereka terlihat dari setiap kegiatan yang mereka ikuti dengan semangat, meskipun terkadang mereka masih mengeluh karena panas dan kegiatan banyak berada di luar ruangan. Tetapi mereka diajarkan untuk melatih fisik dan implementasi materi-materi yang selama ini diajarkan di kelas setiap hari Jumat.
Tujuan perjusa dilaksanakan adalah untuk menunjang proses pembelajaran dan bagaimana belajar dikelas itu bisa digantikan dengan belajar diluar ruangan yang menyenangkan. Kegiatan ini diawali dengan adanya upacara pembukaan yang berada di halaman SD Islam Surya Buana Malang. Pramuka mengajarkan kemandirian, kekompakan, kerapian, dan ketegasan. Melalui perjusa, siswa-siswi mendapatkan ilmu baris-berbaris agar setiap upacara mereka dapat menerapkan pembelajaran tersebut.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam itu dilaksanakan dengan kegiatan yang menyenangkan. Malam harinya, dilanjutkan dengan api unggun yang dilaksanakan di halaman utama SD Islam Surya Buana. Diawali dengan upacara pembukaan penyalaan api unggun yang biasanya diikuti dengan ritual memutari kayu yang sudah disiapkan ditengah lapangan dengan mengucapkan Dasa Dharma Pramuka. Hal yang ditunggu-tunggu akhirnya sampai juga, dengan ditemani nyala api unggun dan juga penampilan dari regu-regu, menambah hangat suasana malam perkemahan.
Pagi harinya, kegiatan kembali diawali dengan sholat tahajud dan dilanjutkan sholat subuh. Dengan kondisi yang masih mengantuk, siswa-siswi tetap semangat menjalankan sholat sampai pada kultum yang bisa mengalihkan rasa ngantuk yang menerjang. Kegiatan dilanjutkan dengan senam pagi agar selama kegiatan badan tetap sehat dan segar.
Kegiatan pramuka adalah salah satu kegiatan yang banyak mengasah aspek psikomotorik siswa. Dengan adanya kegiatan Perjusa, mereka dapat mengenal apa arti dari kebersamaan, berbagi, kedisiplinan, dan banyak lagi lainnya. Kegiatan dilanjutkan dengan Jelajah Alam Bersama (JAB). Tujuan diadakannya JAB ini adalah mengasah beberapa kemampuan yang telah disebutkan diatas. Terdapat beberapa pos yang harus mereka tempuh. Dari pos pemberangkatan yaitu dari SD Islam Surya Buana hingga mereka kembali lagi ke sekolah. Di setiap pos terdapat tugas-tugas yang harus mereka kerjakan.Tugas di setiap pos yang diberikan berguna untuk menunjang kemampuan mengingat dan kecerdasan emosional dari setiap anak. Ada juga pos PBB (Pelatihan Baris Berbaris). Pos tersebut mengutamakan kerapian, disiplin, dan sikap-sikap dalam berbaris. Selanjutnya ada pos Sandi, yaitu pos yang didalamnya terdapat soal yang harus mereka jawab menggunakan sandi-sandi di dalam pramuka penggalang. Dengan begitu, penerapan ilmu yang diajarkan di dalam kelas dapat mereka gunakan. Pos selanjutnya yaitu pos KIM (Kemampuan Indra Meraba). Pos ini mengutamakan indera pengraba (tangan) mereka sebagai salah satu alat untuk meraba. Meskipun di pos ini mereka lumayan kesulitan, akan tetapi dipos ini mereka diajarkan untuk mengingat, apa saja yang mereka rasakan sesuai dengan apa yang mereka sentuh. Kemudian sampailah mereka di pos outbound. Pos outbond ini paling banyak ditunggu. Mereka bisa menggunakan strategi atau cara bermain tim dan kepercayaan sesama teman. Menyusun strategi dapat terlihat melalui kekompakan mereka. Kepemimpinan juga ikut diajarkan di pos outbond ini. Dengan adanya permainan kelompok, mereka dapat menyimpulkan bagaimana kerja keras sesama kelompok itu bisa membuahkan kemenangan.

Semoga perjusa kali ini menjadi salah satu pembelajaran dan pengalaman yang berkesan bagi siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD Islam Surya Buana. Semoga perjusa tahun depan dapat terlaksana dengan metode pembelajaran baru, game baru, dan yang tentunya lebih menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.

Ditulis Oleh: Titik Diniyah / Pembina kelas 5

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment