Pembelajaran dan Pengalaman yang Berkesan di Wisata Bahari Lamongan



Kamis, 18 Oktober 2018, berbeda dari hari biasanya, kali ini siswa-siswi SD Islam Surya Buana tampak berbondong-bondong berkumpul di halaman parkir Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Tampak di sana sepuluh bus berjajar dengan dikelilingi oleh para orang tua yang mengantar siswa-siswi untuk bepergian. Semua siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 tampak antusias. Ya, pada hari tersebut, keluarga besar SD Islam Surya Buana akan melaksanakan kegiatan Studi Empiris.
Studi Empiris merupakan salah satu program tahunan SD Islam Surya Buana.  Sekaligus sebagai salah satu perwujudan 3R yang merupakan  perguruan Surya Buana.  Dalam kegiatan ini, siswa-siswi diajak untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sosial di sekitar. Dengan mengamati apa yang ada dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
Studi Empiris ini tidak hanya menyiapkan siswa-siswi untuk cerdas dalam akademik saja. Tetapi, juga menyiapkan untuk menjadi insan yang cerdas sosial dan cerdas agama.
Tujuan SE tahun ini adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL). Setelah menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam, rombongan keluarga besar SD Islam Surya Buana tiba di sana sekitar pukul 11.00 WIB.
Kegiatan awal setiba di sana adalah bersiap untuk makan siang dan sholat jama' qosor dhuhur-asar. Setelah selesai, dilanjutkan dengan mengantri di loket masuk untuk masuk ke lokasi wisata.
Memasuki area wisata, banyak sekali wahana yang sangat menarik perhatian rombongan. Seperti wahana istana boneka, 3 dimensi, rumah kucing, rumah sakit hantu, paus dangdut, area ketangkasan, rumah  kaca, WBL Idol, balok apung, dan masih banyak lagi. Semua siswa-siswi didampingi oleh walikelas serta Bapak Ibu karyawan.
Puas selama kurang lebih 3-4 jam bermain di dalam wahana, rombongan SD Islam Surya Buana pun bersiap untuk kembali ke kota dingin, Malang. Tidak lupa pula, sambil bermain, siswa-siswi harus mengingat kembali semua pertanyaan dalam lembar kerja yang telah diberikan oleh sekolah.

Lembar kerja yang diberikan oleh sekolah berbeda-beda setiap tingkatan kelas. Ada yang membahas tentang jenis-jenis pekerjaan, sumber daya alam, bentuk benda-benda sekitar, hak dan kewajiban, modernisasi, dan lain sebagainya.
Tak hanya tentang aspek pengetahuan, lembar kerja tersebut juga berisi tentang aspek sosial dan spiritual.
Tepat pukul 17.00 WIB, bus pun melaju meninggalkan halaman parkir WBL. Di tengah perjalanan, rombongan melaksanakan sholat jama' qoshor Maghrib Isya' dan makan malam.
Di rancang semenarik mungkin sejak awal pemberangkatan hingga perjalanan pulang, semoga studi empiris kali ini menjadi pembelajaran dan pengalaman bermakna bagi keluarga besar SD Islam Surya Buana. Sampai ketemu di Studi Empiris tahun depan, ya!

Ditulis Oleh :
Ririn Nafi’atin, S.Pd.I. / Wali Kelas 4A
Fika Aprilia, S.Pd.I. / Wali Kelas 4B
SD Islam Surya Buana

No comments:

Post a Comment