Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Saturday, October 20, 2018

Menumbuhkan Kecerdasan Intrapersonal melalui Kegiatan Membatik


Kegiatan studi visual atau studi lapang merupakan suatu kegiatan yang sudah diterapkan di SD Islam Surya Buana Malang untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas siswa. Studi visual yang dilaksanakan oleh siswa kelas VI kali ini adalah untuk mengenalkan budaya dan hasil karya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu Batik. Tujuan studi visual yang dilaksanakan oleh siswa kelas VI bertujuan untuk melatih sikap Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2), menumbuhkan kreativitas dalam membuat suatu kerajinan batik, dan menumbuhkan kecerdasan intrapersonal dalam diri siswa kelas 6. Bagaimana bisa batik dapat menciptakan sikap persatuan dan menumbuhkan kecerdasan intrapersonal? Jawabannya sangat BISA. Ketiga tujuan tersebut telah dibuktikan oleh siswa kelas VI dalam kegiatan membatik yang dilaksanakan di “Gallery SoendariBatik and Art.
Galeri ini bertempat di Perum. Permata Suhat A2, Kota Malang. Menyediakan berbagai alat membatik lengkap, kain batik dengan teknik cap dan tulis, dan baju batik yang berkualitas hasil kerajinan tangan asli yang berkualitas. Kegiatan membatik dipandu oleh tim ahli Galeri Soendari yang terdiri dari 5 instruktur terdiri dari 3 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Menurut Mbah Sugik (Instruktur senior di Galeri Soendari), membatik itu perlu kesabaran dan ketelatenan serta kemauan dari dalam diri, kalau tidak sabar jadinya coretan bukan motif batik yang berkualitas. Berawal dari perkataan tersebut, siswa kelas VI SD Islam Surya Buana menumpahkan semangat dan usahanya dalam proses mencanting, pewarnaan, plorotan warna, sampai finishing atau pengeringan.
Kegiatan awal yang dilakukan oleh siswa adalah mencanting. Kegiatan ini dilakukan dengan menutup pola gambar yang telah dibuat sebelumnya di kelas dengan malam/lilin cair yang dipanaskan di atas kompor. Mereka melakukan dengan bekerja sama, saling berbagi, dan saling membantu untuk menyelesaikan pencantingan dengan pendampingan dan arahan dari tim Galeri Soendari. Kegiatan ini menumbuhkan kecerdasan intrapersonal yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Siswa melakukan dengan sabar, dengan telaten, hati-hati, dan saling memberi motivasi satu sama lain. Menurut Gardner (2003), kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan seseorang untuk tanggap dengan perasaan yang dimiliki agar mudah introspeksi diri dan mengenal kelebihan dan kelemahan yang dimiliki dalam diri pribadi, sehingga menghasilkan perilaku yang bermanfaat bagi orang lain.
Tidak hanya kegiatan mencanting saja yang dapat menumbuhkan kecerdasan intrapersonal siswa, melainkan ada kegiatan pewarnaan hingga finising. Laki-laki dikenal sebagai manusia yang kurang sabar dan telaten. Tetapi hal tersebut tidak terbukti pada dalam diri anak tersebut. Devan melakukan proses pewarnaan dengan telaten, sabar, dan sangat hati-hati agar menghasilkan batik yang berkualitas. Bermodalkan kemampuan intrapersonal yang dimiliki oleh setiap siswa, batik-batik indah dengan corak warna yang super-super kreatif, menjadikan mereka mampu belajar untuk menghasilkan karya sederhana untuk diberikan kepada Bunda dan Ayah mereka. Selain karya batik yang dihasilkan, mereka juga mendapatkan pelajaran tentang alat-alat musik tradisional yang juga masih tersimpan rapi dan terjaga keawetannya, masih bisa dimainkan dengan baik, dan suara yang dihasilkan dari alat musik tersebut masih nyaring. Selain alat musik tradisional, juga tersedia benda-benda antik yang tersedia dulu di tahun ’90 an, sehingga selain belajar batik hingga mahir, orang yang datang ke galeri soendari akan banyak mendapatkan pembelajaran tentang kebudayaan dan warisan negeri yang tersimpan rapi.
 Kebahagiaan anak-anak kelas VI sangat terpancar dari seluruh kegiatan studi visual yang dilaksanakan di Gallery Soendari Batik and Art. Kegiatan yang sangat menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan. Semoga Allah SWT menjadikan semua siswa SD Islam Surya Buana menjadi anak-anak yang cerdas, memiliki IMTAQ yang luar biasa, dan selalu berkarya untuk negara tercinta Indonesia.

Salam literasi demi mewujudkan kecerdasan anak bangsa…

Ditulis Oleh : Mohammad Yusuf Arifin, M.Pd
Guru Kelas VI-A
SD Islam Surya Buana Malang

Daftar Pustaka :
Gardber, H. 2003. Multiple Intelligence: Kecerdasan Majemuk dalam Teori dan Praktek. Batam: Interaksa

Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM