Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Saturday, October 20, 2018

Jumat Berwarna dan Bermakna untuk Saudara kita di Donggala

Pasca Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, Jumat, 5 Oktober 2018 siswa-siswi SD Islam Surya Buana mempunyai tiga kegiatan yang inspiratif. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk respon cepat lembaga terhadap bencana gempa dan tsunami yang sedang melanda Sulawesi Tengah dan sekitarnya.
Kegiatan pertama adalah penyuluhan tentang cara menyelamatkan diri dari gempa dan beberapa bencana yang disampaikan langsung oleh Bapak Sadono dan Bapak Johan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Malang. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa dalam menghadapi bencana.
Bapak Johan menyampaikan beberapa tips kepada siswa ketika di sekolah sedang terjadi bencana gempa. Tips tersebut adalah melindungi kepala menggunakan tas, jangan panik, apabila gempa tidak terlalu besar bisa berlindung di bawah meja terlebih dahulu, menjauh dari kaca, berlindung di tempat terbuka, dan jangan pulang karena membuat bingung orang tua.
Selain berbagi tips aman, Bapak Johan juga mengedukasi siswa-siswi dengan nyanyian yang mudah diingat. Ada yang mau tahu liriknya? Seperti ini, nih liriknya. Dinyanyikan dengan nada lagu Dua Mata Saya, ya!
"Kalau ada gempa lindungi kepala,
Kalau ada gempa masuk kolong meja,
Kalau ada gempa menjauh dari kaca,
Kalau ada gempa larilah ke tempat yang terbuka"
Siswa-siswi tampak antusias dalam menyimak dan mengikuti nyanyian yang dinyanyikan oleh Bapak Johan. Sesampai di kelas pun, mereka dengan lantangnya menyanyikan lagu tersebut. Wah, sangat bermakna, ya rupanya?
Kegiatan kedua adalah pengumpulan donasi untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu serta Donggala. Seperti kegiatan donasi sebelumnya, kegiatan donasi kali ini juga bekerja sama dengan YDSF Kota Malang. Siswa-siswi menyiapkan amal terbaik mereka. Bahkan, ada yang menyumbangkan seluruh tabungannya. Kegiatan peduli gempa dan tsunami ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa simpati dan empati pada siswa. Data terakhir donasi yang terkumpul sebanyak Rp 16.487.500,-. Semoga bisa bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban saudara kita yang berada di Palu dan Donggala.
Serangkaian kegiatan donasi yang bekerjasama dengan YDSF adalah cerita ceria yang disampaikan oleh Kak Bagus. Mulai dari ice breaking, sulap, games, dan puncaknya adalah mendongeng yang dikemas dengan sangat variatif. Cerita ceria ini sungguh menarik perhatian seluruh warga SD Islam Surya Buana. Sesuai dengan judulnya, semua orang menjadi ceria karena mendengarkan cerita dari Kak Bagus ini. Di dalam ceritanya, tersisip pesan-pesan berharga untuk siswa-siswi. Dengan media "Boneka Untung", Kak Bagus berpesan kepada siswa-siswi untuk rajin sholat, mengaji, bersedekah, dan pesan-pesan yang baik lainnya yang mengedukasi siswa-siswi untuk menjadi anak yang sholih dan sholihah dengan taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
Penyampaian yang menarik ini bisa menjadi inspirasi Bapak Ibu Guru untuk berinovasi dalam pembelajaran yang menyenangkan. Rasanya waktu 30 menit sangat kurang untuk cerita ceria dari Kak Bagus. Kami semua berharap agar bisa mendengarkan cerita ceria dari Kak Bagus di lain waktu dengan durasi yang lebih lama lagi. Jumat kali ini sungguh berwarna dan bermakna. Berwarna dan bermakna untuk kita semua, khususnya untuk saudara kita di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.
Terimakasih banyak atas kerja sama dari berbagai pihak. Semoga dicatat Allah sebagai amal sholih. Aamiin aamiin aamiin.
Dari Abu Hurairah  dia berkata: Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat” - HSR Muslim (no. 2699).

Ditulis Oleh :
Mega Jasinta, S.Pd. / Wali Kelas 1B – Guru Bahasa Inggris Kelas Atas
Kurniawati, S.Si., S.Pd. / Waka Kurikulum - Wali Kelas 6C – Guru Matematika Kelas 6

Foto Oleh :
M. Ilyas Al-Rochim, S.Pd. Gr. / Guru PJOK Kelas Bawah
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM