Belajar mengisi LJK bersama Faber Castell



Jumat, 12 Oktober 2018 siswa-siswi kelas 6 mendapatkan arahan dan bimbingan cara pengisian LJK bekerjasama dengan Faber Castell. Hal ini dilakukan karena masih banyak siswa yang belum memahami cara mengisi LJK. Kesalahan mengisi LJK dapat berakibat fatal pada hasil ujian. Bisa jadi pengisian LJK kurang tebal atau terlalu tebal. Jika sudah demikian, hasilnya tidak bisa terbaca komputer.
Dalam kesempatan tersebut, Faber Castell juga membagikan beberapa tips lulus ujian. Ada dua faktor, yaitu akademis dan teknis. Faktor akademis diantaranya, mempelajari dan memahami seluruh materi ujian sesuai kisi-kisi yang ditetapkan, berlatih dengan variasi soal yang ada di www.latihanujian.com, membahas materi yang kurang dipahami, serta membuat catatan ringkas yang mempermudah proses belajar. Sementara faktor teknis adalah pemilihan alat tulis. Alat tulis tersebut meliputi, pensil 2B harus ada tulisan for computer scanning, penghapus, alas papan dada, penggaris, dan rautan).
Faber castell juga berbagi tips cara mengisi LJK yang baik dan benar, diantaranya pensilnya diusahakan sedikit tumpul jika LJK berbentuk kotak, tetapi jika LJK berbentuk bulat, maka pensil diusahakan runcing. Kemudian menghapus jawaban salah harus bersih karena jika tidak bersih maka tidak terbaca komputer. Selama ujiang berlangsung, LJK tidak boleh basah, terlipat, robek, dan kotor. Menulis nama harus memakai huruf kapital, ketika menyilang jawaban tidak boleh keluar garis, serta mengerjakan soal yang mudah dahulu. Sementara faktor yang lainnya adalah kondisi mental, psikologis, dan lain-lain
Setelah memberikan tips dan faktor-faktor penentu lulus ujian, siswa-siswi kelas 6 melakukan praktik pengisian LJK dengan menggunakan pensil Faber Castell. Kemudian hasil pengisian LJK dikumpulkan dan dilakukan scanning menggunakan DMR (Digital Mark Reading). Hasil pengisian LJK paling bagus milik ananda Muhammad Rafif Nararya. Di akhir acara, ada kuis berkaitan dengan materi yang sudah disampaikan. Siswa yang bisa menjawab mendapatkan hadiah pensil dari Faber Castell.
Dengan adanya bimbingan dari Faber Castell, mudah-mudahan ananda selalu mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan ujian. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

Ditulis Oleh : Novi Eka Sulistiwati, S.Pd. / Wali Kelas 6B / Guru IPS dan PKn Kelas 6

No comments:

Post a Comment