Serunya Peringatan Tahun Baru Hijriyah di SD Islam Surya Buana



Jum'at, 14 September 2018, hari ini siswa-siswi SD Islam Surya Buana Malang melaksanakan kegiatan peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1440H. Kegiatan ini bertujuan untuk membelajarkan kepada siswa agar senantiasa ingat sejarah besar yaitu hijrahnya Nabi Agung Muhammmad SAW dari kota Makkah menuju kota Madinah. Kegiatan Peringatan 1 Muharram 1440 H ini dikemas dengan berbagai kegiatan menarik diantaranya, santunan kepada anak yatim, piatu, dan yatim piatu se Perguruan Surya Buana, Parade Muharram, Business Day kelas 5, dan berbagai musabaqoh antar siswa.
Kegiatan peringatan tahun baru 1 Muharram ini, diawali dengan santunan anak yatim, piatu, dan yatim piatu dari tingkat SD hingga SMA Surya Buana. Pemberian santunan yang langsung diberikan oleh Hj. Sri IStuti Mamiek, M.Ag selaku pembina yayasan Bahana Cita Persada Malang ini dilakukan sebagai wujud rasa kepedulian keluarga besar SD Islam Surya Buana Malang terhadap anak-anak yang sudah ditinggalkan oleh ayah, ibu, maupun kedua orang tuanya. Dengan kegiatan ini, diharapkan ananda dapat termotivasi agar memiliki semangat juang dalam menuntut ilmu.
Usai memberikan santunan, kegiatan dilanjutkan dengan Parade Muharram berkeliling di sekitar kelurahan Merjosari. Parade Muharram ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat keislaman siswa-siswi. Dalam kegiatan ini, dilangsungkan juga kegiatan lomba slogan islami. Lomba yang dikhususkan untuk kelas bawah ini dimaksudkan untuk melatih daya kreativitas siswa SD Islam Surya Buana dalam membuat slogan. Tentunya, slogan ini bertema Peringatan Tahun Baru Hijriyah.
Sesampai di halaman sekolah, siswa-siswi SD Islam Surya Buana kelas 1-4 telah disambut dengan kegiatan Business Day kelas 5. Kegiatan Business Day ini memiliki manfaat yang sangat besar khususnya menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak kecil.
Berlanjut ke kegiatan musabaqoh, yaitu lomba menulis cerita untuk kelas bawah dan kelas atas serta lomba yel-yel untuk kelas atas. Lomba menulis cerita ini bertujuan untuk melatih siswa-siswi cerdas berliterasi. Cerita yang ditulis merupakan cerita yang bertemakan semangat keislaman, seperti contohnya menceritakan kisah perjuangan nabi-nabi terdahulu untuk menegakkan agama Allah.
Kegiatan yang tak kalah seru dengan kegiatan yang lain adalah kegiatan lomba yel-yel. Setiap kelas saling beradu kreativitas dan kokompakan dalam menyemarakkan yel-yelnya masing-masing. Itulah cuplikan kemeriahan peringatan Tahun Baru Islam tahun ini. Seperti pesan Direktur Perguruan, dr. Elvin Fajrul Jayasaputra, M.Kes., Semoga kita semua bisa memaknai tahun hijrah Rasulullah dengan cara mengembangkan syiar Islam melalui semangat meningkatkan prestasi di sekolah. Semoga kita semua bisa memaknai dan menjalankan apa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah.

Ditulis Oleh : A.Mustofa Malik, S.Pd.I. / Guru Kelas II-B

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment