Business Day Kelas 5 : Semakin Seru dan Berkah di Tahun Baru




Hore! Bertemu lagi dengan Business Day! Semakin seru dan Semakin berkah. Mengapa? Karena pada hari Jumat, 14 September 2018, seluruh siswa-siswi kelas 5 SD Islam Surya Buana mendapat giliran untuk melaksanakan kegiatan Business Day yang bertepatan dengan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah.
Kegiatan Business Day kali ini berbeda dengan Business Day bulan lalu, karena kegiatan ini masuk ke dalam rundown acara Tahun Baru Islam 1440 Hijriah. Saat siswa kelas 1 - 4 melaksanakan Kirab Muharram, seluruh siswa kelas 5 mempersiapkan bazar Business Day untuk menyambut kedatangan peserta kirab.
Siswa kelas 5 sangat antusias menunggu kedatangan mereka. Saat tahu ada peserta kirab datang, mereka langsung berteriak menyambut dengan menjajakan barang dagangannya. Ada yang memanggil-manggil dan melambai-lambaikan tangannya untuk menarik adik-adik kelas supaya mereka membeli dagangannya. Ada juga yang berkeliling sambil menyodorkan dagangannya. Bahkan ada yang menjualnya dengan harga miring.
Peserta kirab pun terkejut karena saat upacara pembukaan, display bazar Business Day belum disiapkan. Mereka langsung menyerbu bazar dengan hati gembira. Lebih meriah lagi saat tepat pukul 9, seluruh siswa kelas 6 turun ke lapangan menyerbu stand bazar karena pada pukul 07.00 - 09.00 mereka melaksanakan drilling pembelajaran sehingga mereka juga pasti sangat berharap tidak kehabisan barang dagangan. Tak lupa dengan pesan Bapak Ibu Guru, makan dan minum  sambil duduk dan membuang sampah di tempat sampah.
Business Day kali ini ditutup tepat pukul 09.30 WIB. Lima menit sebelum kegiatan ditutup, semua siswa kelas 5 yang dagangannya masih ada membuat strategi supaya dagangannya habis. Mereka sepakat membanting harga. Misalnya beli dua gratis satu atau beli dua dapat doa. Bahkan ada yang sengaja membagikan kepada siapa saja yang lewat di depan stand secara cuma-cuma sambil berteriak, "Rejeki anak soleh! Jumat berkah! Jumat berkah! Bagi-bagi gratis!"
Setelah kegiatan ini, panitia melanjutkan kegiatan memperingati tahun baru Hijriah dengan berbagai lomba. Siswa kelas 5 bekerja sama dengan Bapak dan Ibu panitia membersihkan dan menata kembali meja kursi yang digunakan sebagai stand bazar tadi. Kemudian kembali ke kelas masing-masing.
Di kelas, mereka menghitung hasil dagangannya. Ada yang mendapat keuntungan, dan ada pula yang tidak. Pak Guru dan Bu Guru mengingatkan, jika ada keuntungan yang lebih, bisa diamalkan sebagian agar hasilnya menjadi berkah. Banyak sekali pengalaman yang mereka dapatkan. Ada yang menyampaikan isi hatinya bahwa banyak suka dan duka saat berjualan.
Alhamdulillaah. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapat semakin berkah. Selamat berjumpa di Business Day kelas 4, ya!
Ditulis Oleh : Herny Sylvia Yunita, S.Pd. / Wali Kelas V-A


You may like these posts:

No comments:

Post a Comment