Berwisata dan Berkarya di Eco Green Park





Study Visual kelas 4 kali kedua ini dilaksanakan pada hari Senin, 24 September 2018 dengan tujuan ke Eco Green Park, Batu. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir puncak tema 2 Selalu Berhemat Energi dan tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa dapat mengetahui barbagai macam energi alternatif yang ada di sana. Selain itu, siswa-siswi juga dapat mengetahui secara langsung binatang dan tumbuhan langka yang ada di sana.
Sebelum memasuki area wisata, siswa-siswi diajak oleh petugas Eco Green Park senam terlebih dahulu bersama badut-badut yang lucu dan menggemaskan. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti gerakan senam tersebut.
Setelah semua mendapat tiket masuk, siswa-siswi berbaris menunggu antrian masuk dengan tertib.
Pada awal masuk, siswa-siswi disambut oleh burung dan ikan hias yang begitu indah. Selain itu, ada juga berbagai macam energi alternatif yang ada di sana. Berbekal lembar kerja dan pendampingan  wali kelas masing-masing, siswa-siswi menggali informasi tentang energi alternatif tersebut.
Setelah selesai menggali informasi tentang energi alternatif, siswa-siswi melanjutkan perjalanan mereka. Mereka banyak menjumpai tumbuhan langka. Mereka juga menjumpai seekor gajah dan robot besar yang terbuat dari barang bekas elektronik yang sudah tidak terpakai.
Rute selanjutnya, siswa-siswi memasuki ruangan serangga. Ada banyak sekali serangga yang langka dan unik di ruangan itu. Siswa-siswi pun mengamati satu persatu serangga tersebut.
Keluar dari ruangan serangga, siswa-siswi melihat berbagai macam unggas dan hewan langka. Sambil terus menyusuri rute, siswa-siswi pun sampai pada area musik yang berbunyi karena terkena guyuran air. Siswa-siswi juga bisa bermain air untuk mengeluarkan bunyi dari alat-alat musik yang ada disana.
Rute selanjutnya adalah tempat hewan peliharaan. Di sana ada sapi, kambing, domba, dan berbagai macam jenis burung. Siswa-siswi tidak melewatkan kesempatan untuk melihat pertunjukan burung yang sangat pintar. Burung tersebut mampu melakukan atraksi dengan baik.
Usai melihat pertunjukkan burung, siswa-siswi melihat pengelolaan sampah. Di tempat tersebut, sampah diolah kembali dan dijadikan barang yang mempunyai nilai jual.
Hampir di akhir rute perjalanan, siswa-siswi mampir ke rumah terbalik dan rumah kaca. Agar tidak tersesat, siswa-siswi didampingi oleh wali kelas masing-masing.
Menutup rute perjalanan kali ini, siswa-siswi mampir di ruangan sains yang menampilkan simulasi angin topan dan gempa. Siswa-siswi juga berkesempatan melihat sejarah bumi mulai dari zaman purba sampai sekarang melalui kereta.
Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang mereka dapatkan selama belajar di Eco Green Park. Melalui kegiatan ini, siswa-siswa tak hanya berwisata, tetapi juga berkarya. Sampai jumpa di perjalanan kita selanjutnya, ya! Sekolahku menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.

Ditulis Oleh : Elisatul Evi Zuliana, S.Pd.I. / Guru Kelas 4C
 

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment