Teknologi Informasi Untuk Berliterasi




Perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat telah membawa perubahan besar pada masyarakat hampir dalam segala aspek kehidupan. Dengan Adanya perkembangan teknologi ini bisa berdampak positif maupun negatif. Banyak kebutuhan sehari-hari yang menjadi sangat mudah untuk dilakukan dengan adanya teknologi. Tetapi, di sisi lain juga ada dampak negatif yang harus diantisipasi agar tidak sampai terjadi.
Salah satu perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat terjadi pada aspek pendidikan. Mulai dari Penerimaan Siswa Baru yang berbasis online, hingga pelaksanaan Ujian Nasional yang berbasis komputer. Tak hanya itu, proses pembelajaran hampir di seluruh tingkatan sekolah, juga sudah mulai banyak yang berhubungan dengan teknologi informasi. Misalnya, memberikan tugas yang bersumber dari website, mengamati terjadinya fenomena alam dari video yang bersumber dari YouTube, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Kegiatan-kegiatan pembelajaran tersebut merupakan salah satu bentuk dari kegiatan literasi teknologi informasi.
Apabila dilihat secara sekilas, literasi hanya tampak berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis saja. Tetapi seiring berkembangnya zaman dan teknologi, literasi juga mencakup pengetahuan seseorang berkomunikasi di dalam masyarakat, sehingga tidak heran bila kemudian gerakan literasi mulai digalakkan. Seperti kebijakan yang ditetapkan oleh Kemendikbud tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang didalamnya ada Gerakan Literasi.
Literasi ini begitu penting di dalam kehidupan manusia apalagi manusia-manusia yang hidup di zaman yang diwarnai kecanggihan teknologi saat ini. Literasi ini sangat diperlukan dalam segala lini kehidupan manusia karena kemampuan literasi ini bisa menjadi kunci manusia untuk berproses menjadi manusia yang lebih berpengetahuan dan berperadaban.
Seiring berkembangnya teknologi, literasi tak hanya sebatas membaca buku saja. Tetapi literasi bisa dilakukan melalui kecanggihan teknologi informasi. Seperti yang diterapkan di SD Islam Surya Buana. SD Islam Surya Buana sudah memiliki beberapa kegiatan literasi yang sangat baik. Baik literasi melalui media cetak mau literasi melalui media teknologi informasi.
SD Islam Surya Buana mempunyai ekstrakurikuler jurnalistik yang mulai diterapkan tahun pelajaran ini. Dari ekstra tersebut, nantinya diharapkan akan lahir tunas-tunas jurnalis yang bisa mempublikasikan informasi-informasi. Minimal informasi yang terjadi di lingkup sekolah. Informasi-informasi tersebut bisa dipublish melalui media cetak maupun media sosial sekolah.
Media cetak yang dimiliki oleh SD Islam Surya Buana diantaranya, majalah tahunan yaitu surplus dan majalah hijau. Ada juga buletin mini yang terbit setiap semester. Selain itu, ada dua buah mading sekolah yang juga bisa dimanfaatkan. Sementara, media sosialnya ada instagram, website, twitter, facebook, dan youtube. Semua media tersebut sangat berpotensi untuk menjadi media perantara dalam mempublish informasi.
Tak hanya itu saja. SD Islam Surya Buana juga masih punya beberapa program literasi. Misalnya melalui buku Kisah Inspiratif Pagi, atau yang biasanya disebut KIP. Ada juga buku Saku Liburan. Di setiap kelasnya juga terdapat pojok baca yang berisi aneka macam buku anak.
Satu produk unggulan yang baru dilaunching dalam rangka Green School Festival ini adalah Barcode Media Sosial. Barcode ini dibuat dengan tujuan mempermudah orangtua atau tamu yang datang ke SD Islam Surya Buana untuk mengakses informasi sekolah.
Selain itu, ada juga grup Whatsapp yang selama ini dijadikan sebagai media komunikasi antara orangtua dengan sekolah.
Gerakan literasi sekarang ini menjadi gerakan yang terus disosialisasikan pada setiap lapisan masyarakat. Kegiatan literasi merupakan suatu bentuk hak dari setiap orang untuk belajar di sepanjang hidupnya, dimana harapannya adalah dengan kemampuan literasi yang meningkat, kualitas hidup masyarakat juga bisa meningkat juga. Multiple Effect yang dimilikinya juga dianggap bisa membantu pembangunan yang berkelanjutan seperti pemberantasan kemiskinan, pertumbuhan penduduk, pengurangan angka kematian dan lain-lain.
Semoga dengan adanya inovasi dan produk baru dari Tim Isu Literasi Teknologi Informasi SD Islam Surya Buana bisa menjadikan banyak manfaat untuk generasi penerus bangsa.

Ditulis oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Wali Kelas 6D 

No comments:

Post a Comment