Mading : Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Siswa Kelas VI




Istilah Mading mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Mading merupakan salah satu media komunikasi massa tulis yang penyajiannya biasanya dipajang pada media dinding atau sejenisnya. Media adalah sarana untuk menghubungkan antara pemberi informasi dengan konsumen informasi. Melalui media ini, pembaca akan tahu tentang apa-apa yang terjadi di luar dirinya. Jenis media ini bermacam-macam. Ada media elektronik, media cetak, media online, dan lainnya. Mading hanya salah satu bentuk media tersebut. Berdasarkan bentuknya, mading bisa masuk kategori media cetak.
Manfaat pembelajaran media mading diantaranya yaitu :
1.    Sebagai media komunikasi dan penyampai informasi
2.    Ajang atau wadah pengembangan kreativitas siswa
3.    Sarana untuk menjalin persaudaraan dan kekeluargaan
4.    Alat berlatih jurnalistik secara sederhana
5.    Media hiburan yang mudah, murah, dan sederhana
Jum’at, 3 Agustus 2018, siswa kelas VI sedang mengerjakan tugas mading untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi pokok ASEAN. Biasanya siswa merasa kesulitan dengan mata pelajaran IPS karena cakupan materi yang cukup luas. Oleh karena itu, dengan pembelajaran mading ini diharapkan siswa lebih enjoy dalam pembelajaran.
Dalam pembelajaran ini, siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Kemudian guru membagikan materi yang akan dikerjakan yaitu tentang kondisi geografis, ekonomi, dan ciri khas masing-masing negara ASEAN. Kemudian masing-masing kelompok mempersiapkan alat dan bahan untuk pengerjaan mading. Seluruh kelompok terlihat antusias dalam mengerjakan mading. Ada yang menggunting, mencari informasi, dan menulis informasi pada bahan kertas yang sudah disediakan. Semuanya saling bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah selesai diskusi dan kerja kelompok, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas. Sedangkan kelompok yang lain menanggapi. Kelompok yang presentasinya terbaik akan mendapatkan reward.   
Pembelajaran dengan media mading merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi dengan lebih menarik. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar. Apalagi dalam pembelajaran fullday school, jika waktu pembelajaran sudah memasuki pukul 13.00 WIB ke atas, biasanya siswa sudah mulai lelah dan mengantuk. Salah satu tips agar siswa tidak bosan adalah dengan mengisi pembelajaran melalui media atau games yang menarik.

Ditulis oleh : Novi Eka Sulistiawati, S.Pd / Guru Kelas VI-B
SD Islam Surya Buana

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment