Gebyar Milad Ke-22 Yayasan Bahana Cita Persada Malang




Hari ini, Jumat 17 Agustus 2018, seluruh rakyat Indonesia tengah berbahagia merayakan hari kelahiran negeri tercinta. Begitu pula keluarga besar SD Islam Surya Buana. Berbagai macam kegiatan dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang masih bisa dinikmati sampai hari ini. Salah satu kegiatan tersebut adalah Upacara Kemerdekaan. Seluruh siswa kelas 4-6, guru, dan karyawan SD Islam Surya Buana ikut dalam Upacara Kemerdekaan yang dibagi menjadi tiga tempat, yaitu di Lapangan Merjosari, Lapangan Manunggal Dinoyo, dan Kampus IV Surya Buana.
Tak hanya itu, usai pelaksanaan upacara, para guru bersiap untuk penilaian Lomba Media Pembelajaran yang diselenggarakan oleh Yayasan Bahana Cita Persada Malang dalam rangka Gebyar Milad Surya Buana ke-22 dan peringatan HUT RI ke-73.
Para guru berlomba menampilkan hasil terbaik mereka. Beragam media pembelajaran ditampilkan. Mulai dari yang berbahan sederhana hingga yang berbasis digital teknologi.
Kegiatan lomba ini sebagai salah satu perwujudan visi sekolah untuk mendukung misi sekolah. Dengan kegiatan yang demikian, akan memacu kreativitas guru dan tentunya akan memudahkan siswa dalam belajar. Sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan bisa meningkatkan hasil belajar.
Lima finalis terpilih dari lomba ini akan melaksanakan presentasi pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018 untuk menentukan juara. Pengumuman juara akan diumumkan pada acara puncak Gebyar Milad Yayasan Bahana Cita Persada Malang pada hari Minggu, 26 Agustus 2018.
Yayasan Bahana Cita Persada Malang (YBCPM) kembali melanjutkan rangkaian kegiatan Gebyar Milad ke-22 pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya khitan massal, Lomba MTQ Karyawan, dan Presentasi 5 besar finalis Inovasi Pembelajaran dari masing-masing lembaga.
Rangkaian kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Pembina YBCPM, Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag kemudian dilanjutkan dengan penyampaian teknis pelaksanaan khitan massal, lomba MTQ Karyawan, dan Final Inovasi Pembelajaran.
Kegiatan khitan massal ini diikuti oleh 16 anak dan ditangani langsung oleh tim kesehatan YBCPM. Sementara, lomba MTQ yang diikuti oleh 23 Karyawan YBCPM pun terlaksana dengan hikmad. Rangkaian kegiatan terakhir pada hari itu adalah presentasi lima besar finalis Lomba Inovasi Pembelajaran. Sebanyak 13 finalis dari masing-masing lembaga (kecuali KBTK, red) mempresentasikan hasil karya Inovasi Pembelajaran di depan keempat dewan juri. Ada inovasi yang berbahan dasar daur ulang, hingga inovasi yang berbasis digital.
Keesokan harinya, Minggu 19 Agustus 2018, Bapak Ibu Guru SD Islam Surya Buana mengikuti Lomba Pengelolaan Kelas. Lomba ini merupakan serangkaian kegiatan dalam Gebyar Milad yang juga diikuti oleh seluruh lembaga di YBCPM. Di lembaga SDI, sebanyak 20 kelas telah dinilai oleh tim juri. Semua pemenang dalam lomba-lomba tersebut akan diumumkan pada puncak Gebyar Milad pada hari Minggu, 26 Agustus 2018.
Peringatan berikutnya, pada hari Senin pagi, 20 Agustus 2018, SD Islam Surya Buana diselimuti dengan hangatnya nuansa kemerdekaan. Semua warga sekolah sangat antusias memeriahkan acara yg sudah ditunggu-tunggu ini. Kali ini, selain merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yg ke-73, SD Islam Surya Buana juga merayakan Milad Yayasan Bahana Cita Persada Malang yang ke-22 .
Dibuka oleh Direktur Perguruan Surya Buana Malang, dr. Elvin Fajrul J., M.Kes., kegiatan pada hari itu berlangsung sangat meriah. Ada beberapa lomba yang sangat menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.
Diantaranya, lomba balap karung, tarik tambang, estafet kelereng, estafet karet, bakiak berantai dan makan kerupuk. Selain lomba olah fisik, terdapat juga lomba olah bahasa, seperti orasi kemerdekaan, baca puisi kemerdekaan, dan cerita kemerdekaan.
Kegiatan demi kegiatan diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh warga SD Islam Surya Buana.
Hingga dipenghujung acara, tibalah saatnya membagikan hadiah lomba sebagai reward atas perjuangan mereka meraih juara.
Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat Ananda untuk cinta tanah air dan semangat untuk meraih cita. Sehingga menjadi insan yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa, serta dapat mengharumkan nama Surya Buana di Persada Nusantara.

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Wali Kelas 6D

No comments:

Post a Comment