Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Monday, April 16, 2018

Hidup Sehat dimulai dari Makanan Sehat


Salam sehat, SBLovers! Hari ini Rabu, 11 April 2018, SD Islam Surya Buana kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Kota Malang. Siswa-siswi kelas 4-5 SD Islam Surya Buana mendapat banyak ilmu tentang makanan sehat. Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan yang dibuka oleh Pembina Yayasan Bahana Cita Persada, Ibunda Sri Istutik Mamiek ini juga bekerja sama dengan mahasiswa S2 Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.
Menurut Ibu Khusnul, pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Malang, kita harus bisa memilih makanan sehat untuk tubuh kita. Karena di dalam makanan yang di jual di luar, banyak terdapat zat-zat berbahaya seperti, borak dan formalin yang biasanya terdapat di bakso, pewarna tekstil biasanya terdapat di jajanan yang berwarna mencolok.
Menurut beliau, zat-zat berbahaya itu bisa memicu penyakit. Supaya kita tetap sehat, kita harus memilih makanan yang sehat. Bagaimana caranya? Terutama untuk memilih makanan kemasan. Nah, kita harus memperhatikan ciri-cirinya. Ada 5 kunci yang bisa digunakan untuk menentukan apakah makanan itu sehat atau tidak.
Pertama, kita harus mengenali makanan yang aman.
Kedua, membeli makanan yang aman.
Ketiga, membaca label/petunjuk label dengan seksama. Label ini termasuk nama pangan, berat/isi bersih, nama & alamat yg memproduksi, daftar bahan pangan yang digunakan, nomor pendaftaran, keterangan kadaluarsa, dan kode produksi.
Keempat, menjaga kebersihan. Dan yang kelima adalah mencatat hal-hal yang ditemukan.
Nah, satu lagi yang tidak kalah pentingnya sebagai umat muslim, kita harus memastikan bahwa ada label Halal yang telah divalidasi oleh MUI. Jika ciri-ciri itu tidak ditemukan pada makanan kemasan, kita harus berhati-hati. Siswa-siswi SD Islam Surya Buana juga berkesempatan untuk nonton bareng dua video pendek yang berisi edukasi tentang pentingnya memilih makanan yang aman untuk kesehatan tubuh kita. Yuk, mulai sekarang semakin waspada dengan makanan kemasan. Pilih yang aman, agar tubuh kita tetap sehat.
Salam Sehat, SBLovers!
Ditulis oleh : Herny Sylvia Yunita, S.Pd. / Guru Kelas V-A 
Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Guru Kelas IV-C 

SD Islam Surya Buana Malang

Foto Oleh : Muhammad Ilyas Rochim, S.Pd.Gr.
Guru Olahraga Kelas Bawah
SD Islam Surya Buana Malang

Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM