Hidup Sehat dimulai dari Makanan Sehat



Salam sehat, SBLovers! Hari ini Rabu, 11 April 2018, SD Islam Surya Buana kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Kota Malang. Siswa-siswi kelas 4-5 SD Islam Surya Buana mendapat banyak ilmu tentang makanan sehat. Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan yang dibuka oleh Pembina Yayasan Bahana Cita Persada, Ibunda Sri Istutik Mamiek ini juga bekerja sama dengan mahasiswa S2 Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.
Menurut Ibu Khusnul, pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Malang, kita harus bisa memilih makanan sehat untuk tubuh kita. Karena di dalam makanan yang di jual di luar, banyak terdapat zat-zat berbahaya seperti, borak dan formalin yang biasanya terdapat di bakso, pewarna tekstil biasanya terdapat di jajanan yang berwarna mencolok.
Menurut beliau, zat-zat berbahaya itu bisa memicu penyakit. Supaya kita tetap sehat, kita harus memilih makanan yang sehat. Bagaimana caranya? Terutama untuk memilih makanan kemasan. Nah, kita harus memperhatikan ciri-cirinya. Ada 5 kunci yang bisa digunakan untuk menentukan apakah makanan itu sehat atau tidak.
Pertama, kita harus mengenali makanan yang aman.
Kedua, membeli makanan yang aman.
Ketiga, membaca label/petunjuk label dengan seksama. Label ini termasuk nama pangan, berat/isi bersih, nama & alamat yg memproduksi, daftar bahan pangan yang digunakan, nomor pendaftaran, keterangan kadaluarsa, dan kode produksi.
Keempat, menjaga kebersihan. Dan yang kelima adalah mencatat hal-hal yang ditemukan.
Nah, satu lagi yang tidak kalah pentingnya sebagai umat muslim, kita harus memastikan bahwa ada label Halal yang telah divalidasi oleh MUI. Jika ciri-ciri itu tidak ditemukan pada makanan kemasan, kita harus berhati-hati. Siswa-siswi SD Islam Surya Buana juga berkesempatan untuk nonton bareng dua video pendek yang berisi edukasi tentang pentingnya memilih makanan yang aman untuk kesehatan tubuh kita. Yuk, mulai sekarang semakin waspada dengan makanan kemasan. Pilih yang aman, agar tubuh kita tetap sehat.
Salam Sehat, SBLovers!
Ditulis oleh : Herny Sylvia Yunita, S.Pd. / Guru Kelas V-A 
Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Guru Kelas IV-C 

SD Islam Surya Buana Malang

Foto Oleh : Muhammad Ilyas Rochim, S.Pd.Gr.
Guru Olahraga Kelas Bawah
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment