Belajar Tertib Lalu Lintas bersama Polresta Malang



Pagi ini, Rabu 4 April 2018, siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD Islam Surya Buana Malang belajar bersama dengan Polresta Malang tentang Etika Berlalu Lintas. Ipda M. Syaiku bersama Brigadir Polisi Nanang menyampaikan pentingnya bersikap santun dan saling menghargai dan menghormati antar sesama pengguna jalan atas dasar hak, kewajiban, dan kemanusiaan. Hal ini dilakukan demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.
Siswa-siswi banyak menerima pengetahuan baru dari sosialisasi hari ini. Diantaranya, hal-hal yang harus diperhatikan ketika melalui perempatan, ketika berhenti di traffic light, dan siapa saja pengguna jalan yang mendapatkan hak utama, misalnya mobil pemadam kebakaran, ambulans, mobil laka lantas, pimpinan lembaga negara, serta iring-iringan pengantar jenazah. 
Tak hanya itu, siswa-siswi juga mengenal apa saja yang termasuk budaya tidak tertib dalam berkendara. Misalnya menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang, tidak memakai helm, melanggar marka jalan, tidak membawa kelengkapan surat berkendara, dan masih banyak lagi.
Para siswa-siswi juga dikenalkan apa saja yang menjadi faktor penyebab kecelakaan, diantaranya manusia, kendaraan, jalan, dan alam. Faktor penyebab kecelakaan paling tinggi disebabkan oleh manusia.
Tim Polresta Malang juga menyampaikan beberapa tips berkendara yang benar. Mulai dari mengecek kendaraan sebelum berangkat, kelengkapan surat berkendara, memakai perlengkapan berkendara, barang bawaan bagi sepeda motor, berpakaian aman dan nyaman, berdoa, dan menghindari penggunaan narkoba.
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan siswa-siswi SD Islam Surya Buana menjadi pelopor keselamatan berlalulintas dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Yuk, menuju Indonesia tertib. Bersatu, Keselamatan No. 1.



Ditulis oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Guru Kelas IV-C 
SD Islam Surya Buana Malang

Foto Oleh : Muhammad Ilyas Rochim, S.Pd.Gr.
Guru Olahraga Kelas Bawah
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment