Belajar Bijak Mengolah Sampah bersama Bank Sampah Kota Malang



Jum'at,  6 April 2018, kembali siswa-siswi SD Islam Surya Buana menimba ilmu dari orang-orang yang berperan penting dalam menjaga lingkungan. Setelah beberapa hari yang lalu siswa-siswi belajar tentang ketertiban dari kepolisian, hari ini siswa-siswi kelas 4 dan 5 belajar tentang kebersihan lingkungan dan cara mengolah sampah agar bernilai guna dari Bank sampah Malang.
Bank Sampah Malang (BSM) merupakan bank sampah induk yang ada di kota Malang berbadan hukum koperasi, yang pendiriannya difasilitasi oleh pemerintah kota Malang. Bank sampah diresmikan pada tanggal 16 agustus 2011. BSM ini berdiri dengan tujuan untuk mengolah sampah rumah tangga yang dianggap mengganggu lingkungan menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis.
Siswa-siswi terlihat sangat antusias ketika dipaparkan bahwa sampah-sampah yang biasa dipandang sebelah mata oleh mereka,  ternyata disana sampah bisa menjadi barang-barang yang sangat berguna.
Pembagian sampah di BSM dipilah menjadi kurang lebih 70 jenis sampah. Itu hanya sampah yg anorganik.  Untuk sampah organik, bank sampah akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana mengolahnya menjadi pupuk kompos. Selanjutnya sampah-sampah anorganik yang sudah dipilah tersebut akan diolah sesuai dengan permintaan pasar. Ada yg diolah menjadi tas, bros, kotak tisu, hiasan dinding, dan lain sebagainya.
Dengan adanya sosialisasi dari bank sampah ini, siswa-siswi diajak untuk mengolah sampah dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sehingga sampah rumah tangga terkurangi.
Di bank sampah ini, nasabah diajak untuk menabung dengan cara menyetorkan sampah rumah tangga yang sudah dipilah sesuai dengan kriterianya. Dari sampah-sampah tersebut akan dikonversikan ke rupiah, kemudian dimasukkan ke rekening nasabah bank sampah.
Uang yang sudah terkumpul dapat diambil secara tunai ataupun digunakan untuk membayar tagihan listrik.  Karena bank sampah sendiri bekerjasama dengan PLN Kota Malang.
Waaah. Ternyata sampah tidak hanya menyebabkan kotor dan bencana pada lingkungan, ya. Jika kita pandai mengolahnya, maka sampah-sampah tersebut akan sangat berguna untuk kebutuhan kita. 
Semoga dengan dikenalkannya bank sampah ini, siswa-siswi bisa menjadi generasi yang cinta lingkungan dan bijak dalam mengolah sampah.

Ditulis Oleh : Ririn Nafi'atin, S.Pd.I.
Guru Kelas IV-A
SD Islam Surya Buana Malang

Foto oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.

Guru Kelas IV-C 
SD Islam Surya Buana Malang


You may like these posts:

No comments:

Post a Comment