Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Monday, April 16, 2018

Belajar Bijak Mengolah Sampah bersama Bank Sampah Kota Malang


Jum'at,  6 April 2018, kembali siswa-siswi SD Islam Surya Buana menimba ilmu dari orang-orang yang berperan penting dalam menjaga lingkungan. Setelah beberapa hari yang lalu siswa-siswi belajar tentang ketertiban dari kepolisian, hari ini siswa-siswi kelas 4 dan 5 belajar tentang kebersihan lingkungan dan cara mengolah sampah agar bernilai guna dari Bank sampah Malang.
Bank Sampah Malang (BSM) merupakan bank sampah induk yang ada di kota Malang berbadan hukum koperasi, yang pendiriannya difasilitasi oleh pemerintah kota Malang. Bank sampah diresmikan pada tanggal 16 agustus 2011. BSM ini berdiri dengan tujuan untuk mengolah sampah rumah tangga yang dianggap mengganggu lingkungan menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis.
Siswa-siswi terlihat sangat antusias ketika dipaparkan bahwa sampah-sampah yang biasa dipandang sebelah mata oleh mereka,  ternyata disana sampah bisa menjadi barang-barang yang sangat berguna.
Pembagian sampah di BSM dipilah menjadi kurang lebih 70 jenis sampah. Itu hanya sampah yg anorganik.  Untuk sampah organik, bank sampah akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana mengolahnya menjadi pupuk kompos. Selanjutnya sampah-sampah anorganik yang sudah dipilah tersebut akan diolah sesuai dengan permintaan pasar. Ada yg diolah menjadi tas, bros, kotak tisu, hiasan dinding, dan lain sebagainya.
Dengan adanya sosialisasi dari bank sampah ini, siswa-siswi diajak untuk mengolah sampah dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sehingga sampah rumah tangga terkurangi.
Di bank sampah ini, nasabah diajak untuk menabung dengan cara menyetorkan sampah rumah tangga yang sudah dipilah sesuai dengan kriterianya. Dari sampah-sampah tersebut akan dikonversikan ke rupiah, kemudian dimasukkan ke rekening nasabah bank sampah.
Uang yang sudah terkumpul dapat diambil secara tunai ataupun digunakan untuk membayar tagihan listrik.  Karena bank sampah sendiri bekerjasama dengan PLN Kota Malang.
Waaah. Ternyata sampah tidak hanya menyebabkan kotor dan bencana pada lingkungan, ya. Jika kita pandai mengolahnya, maka sampah-sampah tersebut akan sangat berguna untuk kebutuhan kita. 
Semoga dengan dikenalkannya bank sampah ini, siswa-siswi bisa menjadi generasi yang cinta lingkungan dan bijak dalam mengolah sampah.

Ditulis Oleh : Ririn Nafi'atin, S.Pd.I.
Guru Kelas IV-A
SD Islam Surya Buana Malang

Foto oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.

Guru Kelas IV-C 
SD Islam Surya Buana Malang


Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM