Belajar Banyak Hal di Industri Keramik Dinoyo




Dengan Tema Daerah Tempat Tinggalku dan Kayanya Negeriku, siswa-siswi SD Islam Surya Buana kelas 4 melaksanakan Study Visual ke Industri Keramik Dinoyo. Study Visual ini bertujuan untuk mengenalkan Daerah Tempat Tinggal mereka yang mempunyai ciri khas tertentu. Salah satunya adalah sentra produksi keramik yang tempatnya tak jauh dari lokasi sekolah. Disana, mereka bisa belajar macam kegiatan ekonomi yang terdiri atas Produksi, Distribusi, dan Konsumsi.
Produksi di sentra Industri ini dimulai dari kegiatan pencetakan, pewarnaan, pengglasiran, pembakaran, hingga siap untuk didistribusikan kepada konsumen. Siswa-siswi juga belajar tentang mata pencaharian masyarakat sekitar berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Tentunya, kegiatan ini sangat mendukung muatan Ilmu Pengetahuan Sosial yang ada di Tema 8 yaitu tentang kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar.
Tak hanya itu saja, mereka juga banyak belajar tentang muatan Pendidikan Kewarganegaraan. Yaitu tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi diharuskan menulis keanekaragaman yang mereka temui selama melakukan Study Visual disana. Ada yang menuliskan keberagaman jenis kelamin pekerja industri, hingga keberagaman bentuk keramik.
Bentuk keramik yang beraneka ragam, juga menjadi pembelajaran bagi 90 siswa-siswi kelas 4 SD Islam Surya Buana. Yaitu berkaitan dengan muatan Seni Budaya dan Prakarya tentang gambar dan bentuk tiga dimensi, Benda Kubistis, Benda Silindris, dan Benda Bebas.
Setelah melihat proses produksi secara langsung, siswa-siswi berkesempatan untuk menuangkan kreasi mereka pada keramik yang sudah jadi. Mereka menyapukan kuas sesuka hati mereka. Dan setelah jadi, mereka berhak untuk membawa pulang hasil karya mereka.
Terakhir, siswa-siswi melakukan wawancara sederhana kepada masyarakat setempat tentang keunikan yang ada di Kota Malang. Mulai dari tempat wisata, monumen, bahasa sehari-hari, hingga adat istiadat.
Alhamdulillah, kami sangat bersyukur sekali karena lokasi sekolah kami sangat dekat dengan sumber belajar yang luar biasa. Semoga Study Visual kali ini menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa-siswi, menjadikan pengalaman yang berkesan, sehingga akan tetap tersimpan sebagai long term memory.

Ditulis oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I. / Guru Kelas IV-C 

Foto Oleh : Moch.  Ilyas Rochim, S.Pd.Gr. / Guru Olahraga Kelas Bawah
SD Islam Surya Buana Malang


You may like these posts:

No comments:

Post a Comment