Praktikum Pembuatan Biofilter Anaerob Mini ala Kelas VI A SD Islam Surya Buana Malang



Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas VI A SD Islam Surya Buana Malang kali ini adalah pembuatan miniatur biofilter. Biofilter yang dibuat siswa kelas VI A merupakan biofilter anaerob yang merupakan biofilter dari bahan-bahan alam yang terdiri dari pasir, arang, batu, dan kerikil. Biofilter ini dibuat dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai wadah bahan penyaring yang digunakan untuk biofilter. Botol plastik yang digunting bagian bawahnya dan bagian tutupnya diberi lubang untuk keluarnya hasil penyaringan. Bahan-bahan yang digunakan sebagai biofilter disusun dengan susunan yang berbeda untuk mendapatkan kejernihan air dengan waktu yang lebih cepat. Susunan bahan untuk dijadikan biofilter disusun sebagai berikut :
a.       Kelompok 1: (urutan dari bawah ke atas) Pasir, kerikil, batu, arang
b.      Kelompok 2: kerikil, batu, arang, pasir
c.       Kelompok 3: batu, arang, pasir, kerikil
d.      Kelompok 4: arang, pasir, kerikil, batu
e.       Kelompok 5: arang, batu, kerikil, pasir
Uji coba penggunaan biofilter dilakukan dengan memasukkan air kotor atau air selokan yang berada di depan sekolah. Air dengan warna coklat, berbau amis, dan kotor.  Setelah dilakukan proses penyaringan oleh masing-masing kelompok, didapatkan air yang jernih setelah 3x penyaringan dengan susunan bahan biofilter yang dibuat oleh kelompok 5. Air kotor yang dimasukkan tersaring pertama oleh pasir dengan ukuran partikel/bahan yang sangat kecil untuk mengendapkan kotoran-kotoran yang terdapat di dalam air. Setelah itu tersaring melalui kerikil dengan ukuran partikel yang sedikit lebih besar kemudian tersaring oleh batu. Pada tahap ini dimaksudkan agar kotoran yang terdapat dalam air dapat tersaring oleh pasir, kerikil, dan batu. Sedangkan arang digunakan sebagai penetralisir bau, menjernihkan air, dan menjadikan air layak minum (Nico Filter Air, 2014). Berdasarkan hal tersebut, telah terbukti bahwa air yang dihasilkan dapat diminum dan aman.
Percobaan pembuatan biofilter ini tidak hanya pembelajaran pada muatan ilmu pengetahuan alam saja tetapi juga mengandung muatan pembelajaran yang lain yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kegiatan ini memberikan pembelajaran kepada siswa bahwa manusia selalu bergantung pada alam untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga untuk menjaga ketersediaan air dalam kehidupan perlu dilakukan usaha-usaha yang dapat menghasilkan air bersih tanpa harus membeli. Saling ketergantungan antara manusia dengan alam atau sebaliknya, merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas VI dalam pembelajaran PKn.
Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan untuk mengetahui daya kreatif dan penalaran siswa serta melatih hubungan sosial siswa dengan berinteraksi dan bekerjasama. Berinteraksi dengan teman sebaya serta saling bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang tepat dan sesuai keinginan (Hipotesis). Kegiatan berinteraksi dengan bekerjasaman antar teman merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS. Selain pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan, siswa kelas VI A juga dilatih untuk sabar, mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan seperti motto dari SD Islam Surya Buana Malang dalam kegiatan pembuatan Biofilter Anaerob Mini oleh Siswa Kelas VI A.


Ditulis Oleh : Mohammad Yusuf Arifin, M.Pd.
Guru Kelas VI A
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment