Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Saturday, February 3, 2018

Membuat Display Kelas dengan Pemberian Nama Kelompok

     Ruang kelas menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh seorang siswa. Bahkan, ruang kelas menjadi rumah kedua bagi siswa. Bagi siswa-siswi Sekolah Dasar, mereka harus pergi ke sekolah dan belajar di sebuah kelas selama 6 tahun. Dengan fungsi yang demikian, menciptakan kenyamanan ruang kelas menjadi prioritas utama bagi seorang guru kelas. Guru kelas harus bisa menjadi arsitek atau pendesain interior sebuah ruang kelas. Dengan intensitas pemakaian ruang kelas yang sangat besar bagi seorang siswa, hal yang tidak bisa ditawar lagi adalah ruang kelas wajib menyenangkan. Dengan demikian, siswa akan bisa melakukan aktivitas dengan senang, nyaman, dan akhirnya sangat berpengaruh pada hasil belajar. 
      Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Guru Kelas sebagai Pendesain Interior kelas. Mulai dari menyediakan ruang baca/sudut baca, tempat bermain, formasi bangku, dan display kelas. Salah satu cara efektif untuk menjadikan kelas lebih menyenangkan adalah dengan menampilkan display kelas. Display kelas akan menjadikan kelas lebih hidup dan siswa akan menikmati belajar di dalamnya. 
     Dikutip dari buku Kelasnya Manusia, menurut Sharon E. Smaldo dalam bukunya Instructional Technology and Media for Learning menyebutkan perincian manfaat display kelas sebagai berikut : menyediakan acuan konkret bagi gagasan, membuat gagasan abstrak menjadi konkret, memotivasi siswa, mengarahkan perhatian, mengulang informasi dalam format atau bentuk yang berbeda, mengingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya, dan meringankan usaha belajar. Display kelas memiliki cakupan yang sangat luas. Pada artikel ini, akan dibahas salah satu dari display kelas, yaitu penamaan kelompok siswa.
       Tema keenam di semester dua ini adalah Cita-Citaku. Sudah menjadi menu wajib bagi saya untuk memberi nama kelompok siswa-siswi sesuai dengan tema pembelajaran. Di tema ini, ada kelompok Ilmuwan, Arsitek, Designer, Olahragawan, dan Seniman. Pemberian nama kelompok ini mempunyai beberapa manfaat, yaitu memotivasi siswa, mengarahkan perhatian, mengulang informasi dalam format yang berbeda, dan mengingatkan kembali pada pelajaran sebelumnya. 
     
        Dengan pemberian nama kelompok, siswa-siswi akan termotivasi untuk mempunyai cita-cita yang mungkin ada pada salah satu nama kelompok. Mereka juga akan termotivasi untuk berkompetisi menciptakan yel-yel kelompok sekreatif mungkin. Semakin sering diberikan tantangan, mereka akan semakin terbiasa untuk kreatif dan terbiasa memecahkan masalahnya sendiri. Dan it work di kelas saya. Beberapa kali diberikan tantangan untuk membuat yel-yel kelompok, mereka semakin cepat menyelesaikan dengan ragam lirik dan lagu yang sungguh awesome untuk anak seusia mereka. Ada satu bonus lagi yang akan didapatkan oleh guru dengan adanya kegiatan ini. Yaitu memudahkan guru untuk menyisipkan ice breaking di tengah-tengah pembelajaran. 
     Dengan pemberian nama kelompok ini juga akan memudahkan guru untuk mengarahkan perhatian siswa. Memanggil salah satu nama kelompok dan mereka menyebutkan yel-yelnya, menjadi salah satu strategi jitu untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi siswa. Pemberian nama kelompok juga akan menjadi media yang efektif untuk mengulang informasi dalam format yang berbeda serta guru akan lebih mudah mengingatkan kembali pada pelajaran sebelumnya. 
    Ya. Jika sebuah ruang kelas mendapatkan sentuhan display dari seorang guru, pasti ruang kelas akan menjadi salah satu tempat favorit bagi siswa-siswi. Ruang kelas akan memberi banyak manfaat bagi orang-orang didalamnya, terutama untuk siswa dan guru. Bentuk Display kelas yang lainnya akan segera dibahas di artikel selanjutnya. Mari terus berkreasi, Salam Inspirasi.

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Guru Kelas IV-C
SD Islam Surya Buana Malang

Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM