Belajar Tematik Asyik, Membuat Potpourri




            Pembelajaran tematik tidak hanya menuntut siswa untuk mengetahui dan memahami materi saja, tetapi juga menuntut siswa untuk mempraktikkan pengetahuan yang mereka peroleh agar pembelajaran menjadi bermakna. Nah, pada pembelajaran tema 6 Sub Tema 1, siswa kelas VI-B telah mempraktikkan cara membuat potpourri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Potpourri adalah campuran bunga, tumbuhan kering, atau rempah-rempah kering yang digunakan sebagai penghias dan pewangi ruangan. Potpourri memberi aroma lembut, biasanya diletakkan di wadah kayu atau dikemas menggunakan kantong kain kecil. Potpourri sangat cocok diletakkan di berbagai tempat di dalam sebuah rumah, seperti kamar tidur, kamar mandi, termasuk ruang keluarga. Baunya yang menenteramkan hati akan memberikan kenyamanan seluruh penghuni dan meningkatkan citra ruang keluarga di rumah.
Kita pun bisa membuat potpouri dengan cara mengeringkan sendiri berbagai jenis bunga, buah, dan rempah yang ada di sekitar kita. Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat popouri sendiri terdiri dari alat dan bahan yang dapat kita temukan di sekitar kita. Berikut adalah bahan dan cara mengolahnya menjadi pewangi ruangan. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu minyak aroma terapi, jeruk nipis, daun pandan, daun salam, pinus, mawar, melati, kayu manis, cengkeh, serai.
Secara umum proses pembuatan potpouri adalah sebagai berikut.
   1.      Keringkan bunga, buah, dan rempah di tempat yang tidak terkena matahari langsung
   2.      Simpan bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan ke dalam kantung bersih
  3.      Pilih bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan untuk ditempatkan di wadah (mangkuk) cantik.
  4.      Tambahkan minyak aroma terapi beberapa tetes. Jangan terlalu banyak karena akan berbau terlalu menyengat.
  5.      Tempatkan potpourri di ruang yang kamu inginkan (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi).
 6.      Kamu juga bisa menyimpan potpourri ke dalam kantung cantik untuk dihadiahkan pada kerabat dan orang tercinta atau untuk dijual.
Potpourri merupakan perpaduan dari berbagai jenis tanaman yang sebelumnya sudah dikeringkan lalu diletakkan di dalam toples atau wadah yang lain yang bisa mempercantik ruangan. Potpourri bisa diletakkan di ruang tamu atau ruang berkumpul keluarga. Aroma dari rempah-rempahnya bisa menghidupkan suasana di rumah menjadi lebih segar dan fresh.
Selamat Mencoba......

Ditulis Oleh : Novi Eka Sulistiawati, S.Pd

       Guru Kelas VI-B
SD Islam Surya Buana Malang

No comments:

Post a Comment