Yuk, Menambah Pengalaman Seru dengan Belajar di Eco Green Park!


Study Visual atau yang biasa disebut SV adalah kegiatan rutin SD Islam Surya Buana Malang yang diselenggarakan setiap bulan sesuai dengan pembelajaran tematik dengan materi tema yang sedang dipelajari saat itu. Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 siswa-siswi kelas II  SD Islam Surya Buana sedang melaksanakan Study Visual dengan tema Pengalamanku. Kali ini siswa-siswi mengunjungi Eco Green Park di Kota Wisata Batu yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler saat ini. Selain tempat rekreasi, tempat ini sangat sesuai untuk menunjang pembelajaran terutama untuk mengenal alam dan bagaimana menjaga kelestarian lingkungan.
Perjalanan 30 menit dengan angkot tidaklah terasa setelah sampai disana. Memasuki area Eco Green Park, kami disambut dengan kolam ikan besar yang berisi ikan koi yang beragam warna. Siswa-siswi sangat riang, apalagi diperbolehkan memberi makan ikan yang sudah disediakan oleh petugas dengan membayar Rp 5.000,00.  Setelah puas bermain dengan ikan, siswa-siswi melanjutkan adventure dengan memasuki Area Insectarium untuk melihat berbagai macam serangga. Rute selanjutnya adalah melihat berbagai unggas yang berasal dari berbagai negara, seperti burung Onta. Ada juga satwa asli Indonesia seperti burung merak besar yang berbulu indah dan burung kuntul yang imut-imut.
Sebelum melanjutkan perjalanan, siswa-siswi bisa beristirahat sejenak sambil melihat kolam yang berisi alat musik gamelan yang berbunyi dengan memanfaatkan kincir air daur ulang hasil karya Eco Green Park. Disini kita juga bisa ikut bermain dengan menembakkan air, lho!
Perjalanan selanjutnya menuju area aneka ternak seperti sapi perah, macam-macam kambing, domba, ayam, bebek dan aneka burung. Disana juga terdapat tempat budidaya tanaman dengan media hydroponik dan budidaya aneka jamur, proses pengolahan pupuk kompos dan daur ulang sampah.
Antusias anak-anak bertambah saat melihat pertunjukan burung kakak tua, pinguin dan aneka burung pemakan bangkai. Ketika memasuki waktu sholat dhuhur, anak-anak beristirahat sejenak untuk sholat di mushola yang bersih dan nyaman.

Ada lagi nih yang membuat anak-anak tambah heboh.. Science Center dan Dome 3D. Disana anak- anak belajar simulasi fenomena alam seperti Tsunami, Tornado Api, angin puting beliung, gempa bumi, dll. Hasil adventure hari ini sangat menyenangkan dan membuat siswa-siswi sangat antusias. Setelah menyelesaikan perjalanan, mereka membuat laporan dari kegiatan study visual hari ini. Semoga dengan kegiatan hari ini menambah pengalaman siswa-siswi kelas 2 SD Islam Surya Buana. 

Ditulis oleh : Vina Ratnasari, S.S.
Guru Kelas II-B
SD Islam Surya Buana Malang

No comments:

Post a Comment