Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Saturday, January 27, 2018

Pembelajaran Pendidikan Jasmani berbasis Model Permainan

Pendidikan Jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan, tanpa terkecuali di SD Islam Surya Buana. Dalam pembelajarannya pun, aspek psikomotor masih sering menjadi persentase terbesar, tapi bukan berarti aspek kognitif dan juga afektif tidak dimunculkan. Konsep pembelajaran yang bagaimana yang harus diciptakan guru agar kegiatan siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani mampu berjalan dengan porsi ketiga aspek yang merata. Kreatifitas mutlak diperlukan guru dalam penyusunan strategi pembelajaran yang dipilih. Dengan tujuan agar siswa mampu menyerap serta mendapatkan sesuatu yang berharga dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani tersebut.
Pemanfaatan media serta penggunaan sarana dan prasarana dengan maksimal dibarengi dengan strategi yang tepat akan menciptakan sebuah pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa serta menyenangkan. Tentunya strategi yang dipilih oleh seorang guru akan berperan terhadap keberlangsungan pembelajaran, apakah nantinya siswa merasa bosan atau merasa bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan metode permainan dapat membuat siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran.
Salah satu contoh permainan yang dimunculkan dalam pembelajaran ialah “make a choice”. Siswa diajak bermain dengan tujuan diantaranya melatih kecepatan, koordinasi gerak, melatih daya ingat serta konsentrasi mereka terhadap perintah. Tahap pertama dalam permainan ini adalah berlari zig-zag. Berlari zig-zag dapat melatih kecepatan serta koordinasi gerak dasar siswa. Kemudian di tahap kedua, mereka melompati rintangan yang ada dengan kedua kaki yang dapat melatih kelentukan serta power. Di tahap ketiga, mereka berupaya menyusun cone  yang telah disediakan. Selanjutnya, mereka harus memilih cone yang harus diambil (ditentukan sebelum berlari di awal). Hingga nanti mereka harus kembali ke titik awal dengan melewati rintangan yang ada tanpa merubah gerakan yang telah ditentukan.
Sebagai reward and punishment, siswa yang berhasil mengambil cone dengan benar serta kembali dengan cepat dapat diberikan sebuah reward berupa bintang, dan sebagai punishment yang kalah harus mengembalikan cone yang telah diambil. Dengan adanya hadiah serta hukuman ini, diharapkan pula muncul aspek afektif siswa yaitu bertanggung jawab serta sportif dan taat terhadap peraturan permainan.
 Bentuk-bentuk permainan yang dibuat seperti ini dapat juga diterapkan dalam tahap pemansan, inti, atapun pendinginan. Tentunya dengan tingkat yang disesuaikan. Dengan adanya permainan seperti ini, guru pada akhirnya akan mampu mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Akhir kata, jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru, terus berinovasi serta berkreasi.
Ditulis oleh : Moch. Ilyas Al Rochim, S.Pd., Gr
Guru Pendidikan Jasmani
SD Islam Surya Buana Malang 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM