Menambah Pengalaman Berkesan di BPTP Karangploso


Pada hari Rabu, 29 Januari 2018 siswa dan guru kelas 1 melakukan Study Visual ke BPTP. Apa itu BPTP? BPTP adalah kepanjangan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, BPTP bertempat di Karangploso Malang. Study Visual ini telah disesuaikan dengan tema pembelajaran tematik tentang Pengalamanku, Subtema Pengalaman Yang Berkesan.
Jadwal keberangkatan siswa kelas 1 dimulai dari jam 08.00 sampai di BPTP pada pukul 09.00. Sesampainya disana, siswa-siswi disambut para kakak-kakak pembina BPTP yang akan menjadi tour guide pada hari itu. Tidak hanya itu saja, siswa-siswi langsung diajak ke Sawung BPTP untuk acara pembukaan dan perkenalan macam-macam tumbuhan serta membacakan kegiatan yang akan dilakukan di BPTP.
Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa-siswi kelas 1 SD Islam Surya Buana selama di BPTP :
1. Membuat makanan ringan tanpa pengawet dan penguat rasa
Setelah acara pembukaan, siswa diajak untuk melihat bagaimana cara membuat makanan ringan yang sehat alami sesuai dengan kelompok kelasnya masing-masing. Kelas yang pertama masuk untuk melihat cara pembuatan makanan ringan adalah kelas 1A dan 1D, disusul kelas 1C dan 1B. Siswa-siswi sangat antusias mendengarkan kakak panitia yang menjelaskan cara membuat makanan ringan. Selama proses pembuatan makanan ringan,  siswa-siswi diberikan pertanyaan berkaitan dengan tumbuhan. Setelah kegiatan pembuatan makanan ringan selesai, siswa baris diluar ruangan untuk pembagian makanan ringan sehat gratis dari kakak panitia dan siswa-siswi pun bersiap melaksanakan kegiatan selanjutnya.
2. Menanam biji kangkung
Setelah membuat makanan ringan, siswa-siswi diarahkan menuju kebun untuk melakukan kegiatan selanjutnya yakni menanam biji kangkung. Dengan adanya arahan dari kakak panitia, siswa-siswi dapat mengetahui cara menanam biji kangkung yang benar, yakni mengambil biji kangkung secukupnya kemudian biji kangkung ditabur ke tanah yang berlubang secara merata.
3. Memanen kangkung
Selain menanam biji kangkung, siswa-siswi juga diajak untuk memanen kangkung yang sudah siap panen. Pertama, siswa-siswi diberi arahan dari kakak panitia, selanjutnya mereka langsung praktik dengan cara mengambil kangkung yang sudah siap panen. Mengambil kangkung dengan mencabut dari bagian pangkal dengan menyertakan akarnya.
4. Menanam benih dalam pollybag
Siswa-siswi diberi pollybag, kemudian masing-masing mengisinya dengan tanah yang telah dicampur dengan sekam. Siswa-siswi membuat lubang dengan jari dan benih terong dimasukkan ke dalam lubang tersebut, kemudian lubang tersebut ditutup.
5. Berkunjung ke Green House
Setelah kegiatan menanam, siswa-siswi bersama kakak panitia diajak untuk mengunjungi green house. Disana, banyak terdapat beberapa jenis tanaman hias diantaranya, anggrek, aglonema, dan masih banyak lagi yang lainnya.
6. Memberi makan hewan ternak
Tidak jauh dari Green House, disana terdapat kolam ikan, kandang kelinci, kandang kambing, dan kandang sapi. Disana siswa-siswi mendapat pengalaman memberi makan hewan ternak yang ada disana.
7. Menanam padi dan bermain lumpur di sawah
Kegiatan yang terakhir adalah menanam padi di sawah. Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling menarik bagi siswa-siswi. Karena bisa merasakan pengalaman menanam padi dan bermain lumpur yang jarang didapatkan.

Setelah serangkaian kegiatan selesai, siswa-siswi diberikan waktu untuk membersihkan badan dan makan snack bersama. Untuk penutupan acara, dari BPTP membagikan es krim, makanan ringan, dan hasil panen dari kebun BPTP. Semoga menjadikan pengalaman yang sangat bermakna, ya! Khususnya bagi siswa kelas 1 SD Islam Surya Buana Malang. Sampai jumpa di cerita berikutnya!

Ditulis Oleh : Nurul Fakihatul Jannah, S.Pd.
Guru Kelas I-C
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment