Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Tuesday, January 30, 2018

Menambah Pengalaman Berkesan di BPTP Karangploso

Pada hari Rabu, 29 Januari 2018 siswa dan guru kelas 1 melakukan Study Visual ke BPTP. Apa itu BPTP? BPTP adalah kepanjangan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, BPTP bertempat di Karangploso Malang. Study Visual ini telah disesuaikan dengan tema pembelajaran tematik tentang Pengalamanku, Subtema Pengalaman Yang Berkesan.
Jadwal keberangkatan siswa kelas 1 dimulai dari jam 08.00 sampai di BPTP pada pukul 09.00. Sesampainya disana, siswa-siswi disambut para kakak-kakak pembina BPTP yang akan menjadi tour guide pada hari itu. Tidak hanya itu saja, siswa-siswi langsung diajak ke Sawung BPTP untuk acara pembukaan dan perkenalan macam-macam tumbuhan serta membacakan kegiatan yang akan dilakukan di BPTP.
Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa-siswi kelas 1 SD Islam Surya Buana selama di BPTP :
1. Membuat makanan ringan tanpa pengawet dan penguat rasa
Setelah acara pembukaan, siswa diajak untuk melihat bagaimana cara membuat makanan ringan yang sehat alami sesuai dengan kelompok kelasnya masing-masing. Kelas yang pertama masuk untuk melihat cara pembuatan makanan ringan adalah kelas 1A dan 1D, disusul kelas 1C dan 1B. Siswa-siswi sangat antusias mendengarkan kakak panitia yang menjelaskan cara membuat makanan ringan. Selama proses pembuatan makanan ringan,  siswa-siswi diberikan pertanyaan berkaitan dengan tumbuhan. Setelah kegiatan pembuatan makanan ringan selesai, siswa baris diluar ruangan untuk pembagian makanan ringan sehat gratis dari kakak panitia dan siswa-siswi pun bersiap melaksanakan kegiatan selanjutnya.
2. Menanam biji kangkung
Setelah membuat makanan ringan, siswa-siswi diarahkan menuju kebun untuk melakukan kegiatan selanjutnya yakni menanam biji kangkung. Dengan adanya arahan dari kakak panitia, siswa-siswi dapat mengetahui cara menanam biji kangkung yang benar, yakni mengambil biji kangkung secukupnya kemudian biji kangkung ditabur ke tanah yang berlubang secara merata.
3. Memanen kangkung
Selain menanam biji kangkung, siswa-siswi juga diajak untuk memanen kangkung yang sudah siap panen. Pertama, siswa-siswi diberi arahan dari kakak panitia, selanjutnya mereka langsung praktik dengan cara mengambil kangkung yang sudah siap panen. Mengambil kangkung dengan mencabut dari bagian pangkal dengan menyertakan akarnya.
4. Menanam benih dalam pollybag
Siswa-siswi diberi pollybag, kemudian masing-masing mengisinya dengan tanah yang telah dicampur dengan sekam. Siswa-siswi membuat lubang dengan jari dan benih terong dimasukkan ke dalam lubang tersebut, kemudian lubang tersebut ditutup.
5. Berkunjung ke Green House
Setelah kegiatan menanam, siswa-siswi bersama kakak panitia diajak untuk mengunjungi green house. Disana, banyak terdapat beberapa jenis tanaman hias diantaranya, anggrek, aglonema, dan masih banyak lagi yang lainnya.
6. Memberi makan hewan ternak
Tidak jauh dari Green House, disana terdapat kolam ikan, kandang kelinci, kandang kambing, dan kandang sapi. Disana siswa-siswi mendapat pengalaman memberi makan hewan ternak yang ada disana.
7. Menanam padi dan bermain lumpur di sawah
Kegiatan yang terakhir adalah menanam padi di sawah. Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling menarik bagi siswa-siswi. Karena bisa merasakan pengalaman menanam padi dan bermain lumpur yang jarang didapatkan.

Setelah serangkaian kegiatan selesai, siswa-siswi diberikan waktu untuk membersihkan badan dan makan snack bersama. Untuk penutupan acara, dari BPTP membagikan es krim, makanan ringan, dan hasil panen dari kebun BPTP. Semoga menjadikan pengalaman yang sangat bermakna, ya! Khususnya bagi siswa kelas 1 SD Islam Surya Buana Malang. Sampai jumpa di cerita berikutnya!

Ditulis Oleh : Nurul Fakihatul Jannah, S.Pd.
Guru Kelas I-C
SD Islam Surya Buana Malang
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM