Cooking Class : Salah Satu Strategi Pembelajaran untuk Mengasah Keterampilan Siswa Zaman Now


         
Keterampilan merupakan kemampuan untuk menggunakan akal, fikiran, ide dan kreativitas dalam mengerjakan, mengubah atau membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.
Keterampilan atau kemampuan tersebut pada dasarnya akan lebih baik bila terus diasah dan dilatih untuk menaikkan kemampuan sehingga akan menjadi ahli atau menguasai dari salah satu bidang keterampilan yang ada. Beberapa contoh dari keterampilan itu sendiri antara lain: keterampilan menjahit, keterampilan menulis, keterampilan mengemudi, keterampilan memasak, dan lain-lain.
            Pada hari Rabu, 6 Desember 2017 siswa kelas 6 mengadakan cooking class sebagai salah satu strategi pembelajaran tematik untuk mengasah Keterampilan (KI 4). Kegiatan ini diikuti oleh 48 siswa yang terdiri dari 20 siswa anak laki-laki dan 28 siswa anak perempuan. Kegiatan yang dilakukan mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB ini, menuntut siswa untuk kreatif, terampil, kompak, dan kerjasama yang baik antar siswa dalam satu kelompok. Semua siswa terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, hal ini dapat dilihat mulai dari persiapan alat dan bahan-bahan, pencarian resep sampai pelaksanaan cooking class pada hari “H”. Siswa laki-laki tidak mau kalah dengan siswa anak perempuan. Mereka berlomba-lomba untuk mengambil hati para juri agar menjadi juara. Perlu diketahui bahwa kegiatan cooking class ini dilombakan dan dinilai oleh dua orang juri, yang nantinya akan diambil juara I,II,III dan harapan I. Dengan sistem kompetisi ini, diharapkan akan menambah semangat para siswa dalam mengasah kemampuan, keterampilan, kreativitas, dan kerjasama.
Pengalaman yang didapatkan  dalam kegiatan ini antara lain siswa dapat mengalami bagaimana cara mengkoordinir, memasak, bekerjasama, dan berkreasi dalam mengolah bahan-bahan dasar yang sudah ditentukan dari sekolah yaitu menggunakan bahan dasar umbi-umbian dan jamur.

“EXPERIENCE IS THE BEST TEACHER”

Oleh : Novi Eka Sulistiawati, S.Pd

Guru Kelas VI-B
SD Islam Surya Buana Malang

1 comment: