Beralih dari Zona Nyaman Pasca Liburan



Hari pertama masuk sekolah pasca liburan panjang, saya selalu bersiap untuk mendapatkan oleh-oleh dari anak-anak. Kalau oleh-oleh berupa benda atau makanan khas, sih sudah biasa. Yang luar biasa adalah cerita selama liburan. Ada yang menikmati liburan dengan kegiatan positif di rumah, mengunjungi tempat wisata di dalam kota, mengunjungi sanak saudara di desa, hingga berwisata ke luar pulau.
"Bu, ini ada oleh-oleh dari Jember."
"Bu, ini ada oleh-oleh dari Tulung Agung."
"Bu, ini ada oleh-oleh dari Jakarta."
"Bu, aku sudah hafal lagu Indonesia Raya 3 Stanza, loh."
"Bu, ini aku bawa oleh-oleh dari Mataram untuk dibagikan ke teman sekelas."
"Bu, aku hanya liburan di rumah. Boleh kah aku menulis cerita seperti teman-teman yang lain?"
"Bu, aku beli mainan ketika liburan. Boleh, ya ditaruh di kelas untuk mainan ketika tidak sedang belajar?"
Dan masih banyak dialog percakapan yang begitu menggemaskan pasca libur panjang. Nah, menceritakan kegiatan selama liburan kepada teman sebangku dan menuliskannya pada buku Kisah Inspiratif Pagi, menjadi salah satu senjata yang cukup ampuh untuk membantu mereka berpindah dari zona nyaman selama liburan.
Selain itu, kegiatan yang tidak kalah serunya adalah Nonton Bareng film terbaru Disney Pixar yaitu "Coco". Tidak hanya sekedar nonton, tetapi ada pesan moral yang luar biasa yang bisa didapatkan anak-anak dalam film tersebut. Diantaranya : untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan proses perjuangan yang begitu hebat, keluarga adalah segalanya, tanpa keluarga, cita-cita kita akan menjadi angan belaka.
Bagi para orang tua, film ini juga mengajarkan betapa pentingnya dukungan keluarga terutama orangtua dalam mewujudkan cita-cita seorang anak. Akan menjadi luar biasa apabila orangtua mendukung minat dan bakat seorang anak yang kemungkinan besar akan menjadi cita-citanya. Jangan memaksa anak untuk menjadi sama persis seperti Ayah Bunda, ya! Karena setiap anak adalah bintang.

Hampir semua kecerdasan majemuk bisa diasah melalui dua kegiatan sederhana tersebut. Dimanapun liburannya, yang penting ada proses pembelajarannya. Selamat beraktifitas kembali.

Ditulis Oleh : Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Guru Kelas IV-C
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment