Belajar Tentang Perubahan Alam di BMKG Karangploso


Study Visual merupakan salah satu program sekolah untuk mewujudkan misi dan visi sekolah. Suasana pembelajaran diciptakan agar tidak ada penekanan psikologi bagi kedua belah pihak, guru dan siswa.  Pembelajaran Study Visual (pembelajaran di luar kelas) merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran agar terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di luar kelas.
Kegiatan Study Visual seluruh  kelas 3 SD Islam Surya Buana yang dilaksanakan hari Selasa, tanggal 14 November 2017 ke BMKG Karangploso merupakan pembelajaran di tema 3 yaitu tentang perubahan di Alam. Pemilihan lokasi ini sangat tepat karena di BMKG Karangploso (Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika), semua siswa secara langsung dapat melihat dan mengetahui bermacam- macam alat yang berhubungan dengan alam.

Disana, siswa-siswa di dampingi oleh lima orang pemandu. Berbagai macam pengetahuan yang mereka dapat antara lain : 1) Mengetahui Sangkar Meteorologi yang berfungsi untuk meletakkan alat-alat klimatologi.  2) Panci penguapan terbuka untuk mengukur penguapan secara langsung. 3)Penakar hujan otomatis yang berfungsi untuk mengukur curah hujan secara otomatis. 4 ) Esimeter fungsinya untuk mengukur penguapan air pada sebidang tanah yang ada didalamnya, dan masih banyak yang lainnya. aBanyak sekali wawasan yang didapat seluruh siswa kelas 3 SD Islam Surya Buana dalam kegiatan study visual ini. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini menambah wawasan dan pengalaman siswa-siswi.

Ditulis Oleh : Titik Nur Rohmah, S.Pd.
Guru Kelas III-B
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment