Study Visual Kelas VI, Go to Jatim Park 1 : Pembelajaran Menyenangkan, Mengasyikkan, dan Mencerdaskan


         Study Visual merupakan salah satu program sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Proses pembelajaran untuk siswa harus benar-benar menyenangkan, sehingga siswa betah untuk belajar. Suasana pembelajaran diciptakan agar tidak ada penekanan psikologis bagi kedua belah pihak, guru dan siswa. Pembelajaran di luar kelas (study visual) merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran, terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya dalam kelas. Pendekatan pembelajaran di luar kelas (study visual) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan suasana di luar kelas sebagai situasi pembelajaran berbagai permainan sebagai mendia transformasi konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran (Irawan, A. Dalam Ginting ; 2005:37). Pendekatan pembelajaran di luar kelas menggunakan beberapa metode seperti penugasan, tanya jawab, dan belajar sambil melakukan atau mempraktekkan dengan situasi belajar sambil bermain. 
Study Visual kelas VI yang dilaksanakan pada hari selasa, 21 Nopember 2017 ke Jatim Park 1, merupakan kegiatan pembelajaran akhir puncak tema yaitu tema 3 (Tokoh dan Penemuan), tema 4 (Globalisasi), dan tema 5 (Wirausaha). Pemilihan lokasi ini sangat tepat karena Jatim Park 1 merupakan salah satu tempat wisata dengan konsep yang memadukan edukasi dan wisata, sehingga siswa dapat bermain dan belajar dalam satu tempat. Selain itu, edukasi yang didapatkan juga sesuai dengan pembelajaran tematik.

Disana, siswa kelas VI didampingi oleh dua orang pemandu dan mendapatkan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang sudah disediakan oleh pihak Jatim Park 1.  Berbagai macam pengetahuan yang didapatkan antara lain : tentang sejarah pergerakan Indonesia, tokoh-tokoh penemuan, budaya/etnik nusantara, percobaan sains, bangun ruang, sentra batik, pos nusantara, dan masih banyak lagi. Setelah selesai melaksanakan pembelajaran, siswa kelas VI juga bisa menikmati wahana permainan yang memacu adrenalin dan serta berenang. Sekolah di SD Islam Surya Buana menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan, bukan?

Oleh : Novi Eka Sulistyawati, S.Pd.
Guru Kelas VI-B
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment