Sekolah Hijau dengan 3B : (Berliterasi, Berbudaya, dan Bebas Plastik)


Alhamdulillah... segala puji hanya bagi Allah SWT atas segala rahmat, rezeki, dan kesehatan bagi semua warga SD Islam Surya Buana Malang yang telah melaksanakan dan mengikuti Ajang Kreativitas Sekolah Hijau di Kota Malang yaitu Green School Festival pada tanggal 08 November 2017. Semua pihak mulai dari siswa, guru, sampai Orang tua/wali siswa bekerja keras dan semangat untuk memberikan yang terbaik agar SD Islam Surya Buana dapat tampil secara maksimal dalam Green School Festival tahun 2017 ini. Tema yang diusung oleh SD Islam Surya Buana pada tahun 2017 ini adalah Sekolah Hijau dengan 3B (Berliterasi, Berbudaya, dan Bebas Plastik).
Tema tersebut diangkat pada tahun 2017 ini karena SD Islam Surya Buana pada tahun ini mulai menerapkan kegiatan berliterasi berbasis lingkungan hijau untuk mendidik semua siswa/i agar tanggap dan peduli terhadap lingkungan sekolahnya. Sebenarnya kegiatan literasi sudah diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya, tetapi yang berbasis lingkungan hijau baru dimulai tahun ini. Kegiatan literasi diterapkan dalam kegiatan pembelajaran menanam pohon, pembuatan mading, dan penerbitan buletin sekolah hijau, serta majalah hijau.
Buletin sekolah hijau dapat dimiliki oleh semua warga sekolah yang diberikan secara gratis. Buletin berisi hasil liputan tim jurnalistik SD Islam Surya Buana pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah yang menerapkan pembelajaran lingkungan hijau. Kegiatan lainnya adalah menanam pohon atau penghijauan agar sekolah tampak asri dan segar yang dilakukan oleh siswa dan guru.
Kegiatan menanam pohon atau tanaman baik tanaman hias maupun tanaman obat dilaksanakan oleh guru dan siswa yang dipandu oleh tim lingkungan hijau SD Islam Surya Buana Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan siswa/i yang tanggap dan peduli terhadap lingkungan di sekolahnya. Kegiatan literasi berbasis lingkungan hijau lainnnya adalah pembuatan mading 2D yang dipasang di area-area yang mudah dilihat dan dijangkau oleh semua orang. Budaya membaca dapat meningkat dari dalam diri anak, jika suatu bacaan tersebut mempunyai daya kreatifitas yang menarik perhatian, sehingga segala informasi atau bacaan apapun yang bersifat positif dan berbasis lingkungan hijau dibuat semenarik mungkin agar meningkatkan minat baca siswa.
Menciptakan sekolah yang berbudaya adalah cita-cita SD Islam Surya Buana Malang supaya terbentuk sekolah yang berkualitas dan bermartabat. Budaya santun, budaya bersih, budaya sehat, dan budaya lainnya sudah diterapkan. Budaya santun, sapa, dan salam sudah diterapkan oleh semua siswa setiap pagi dengan berjabat tangan (salim) kepada guru. Budaya sehat diterapkan dengan pendirian kantin sehat yang terbebas dari makanan-makanan yang dapat menimbulkan penyakit bagi semua warga sekolah. Kantin sehat menjual makanan-makanan yang dibuat oleh Orang tua/wali siswa yang insyaAllah dijamin kebersihan, kesehatan, dan kehalalannya. Selain itu, kantin sehat juga memberikan pembelajaran bagi siswa untuk bersosialisasi dengan teman melalui budaya antri serta pembelajaran kejujuran dan kesabaran. Siswa mengambil sendiri makanan atau barang yang diperlukan dan mengantri untuk membayar di kasir.
SD Islam Surya Buana Malang memiliki visi yang yang salah satunya adalah mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. Sekolah berwawasan lingkungan dengan menjaga lingkungan sekolah terbebas dari segala polusi yang membahayakan. Salah satu upaya kepedulian terhadap lingkungan adalah dengan menerapkan lingkungan Bebas Plastik. Segala jenis plastik makanan diproses secara kreatif dan didaur ulang kembali agar tidak mencemari lingkungan. Salah satu upaya nya adalah dengan menjadikan kantong kresek menjadi busana atau pakaian yang sangat luar biasa dan memiliki nilai lebih. Plastik bekas makanan atau produk yang lain serta kantong kresek dapat diolah kembali bersama tim lingkungan hijau SD Islam Surya Buana menjadi barang yang mempunyai nilai dan tidak terbuang begitu saja. Sampah plastik merupakan sampah yang tidak dapat hancur dan susah terurai. Jika dibakar, baunya akan mencemari lingkungan dan jika dikubur dalam tanah, tidak akan hancur dan terurai oleh organisme dalam tanah. Maka dari itu, SD Islam Surya Buana berupaya keras untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang memiliki nilai lebih.

Salam Hijau Lestari untuk Bumi Pertiwi, SD Islam Surya Buana Pancen Woyo-Woyo....

Oleh : Muhammad Yusuf Arifin, M.Pd.

Guru kelas VI-A
SD Islam Surya Buana Malang

1 comment:

  1. Alhamdulillah...atas segala nikmat yg Allah berikan untuk kita semua, semoga SDI surya buana semakin berprestasi...

    ReplyDelete