Our School Is Going Green : Yuk, Berkebun di Sekolah!


Rabu, 25 Oktober 2017 siswa kelas 4 SD Islam Surya Buana melaksanakan kegiatan rutin bulanan yaitu Studi Visual. Kali ini, kegiatan Studi Visual dilaksanakan di halaman sekitar sekolah. Tema Studi Visual kali ini adalah peduli terhadap makhluk hidup, salah satunya peduli terhadap tanaman. Banyak pihak yang  terlibat aktif dalam kegiatan ini, tidak hanya siswa, orang tua, guru, dan tukang kebun sekolah pun ikut berpartisipasi.
Tujuan dari Studi Visual kali ini adalah mengenalkan kepada anak-anak tentang cara menanam dan merawat tanaman di lingkungan sekolah. Tak hanya itu, kegiatan ini juga mendukung event Green School Festival 2017 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Malang. Siswa-siswi diajak untuk menjaga kelestarian tanaman di lingkungan sekolah sehingga sekolah tampak asri dan sejuk. Warga sekolah akan merasakan kenyamanan ketika berada di sekolah.
Ada banyak jenis tanaman yang dibawa oleh siswa-siswi. Jenis – jenis tamanan itu diantaranya, tanaman obat seperti kunyit, jahe, kumis kucing, lidah buaya. Ada juga yang membawa sayuran dan buah – buahan seperti tanaman cabai, stroberi, arbei. Tak ketinggalan tanaman hias seperti bunga melati dan bunga mawar. Semua jenis tanaman tersebut dibawa siswa-siswi dari rumah.
Siswa-siswi mulai  menyiapkan peralatan dan bahan di halaman sekolah. Proses menanam diawali dengan mengeluarkan tanaman dari polibek, setelah itu siswa-siswi mengisi pot dengan tanah dan pupuk. Jika pot telah terisi pupuk dan tanah, maka tanaman dapat dipindah ke dalam pot dan ditambah tanah lagi sampai pot terisi hampir penuh. Terakhir, jangan lupa untuk menyiram tanaman dengan air secukupnya.
Setelah semua proses menanam selesai, tanaman ditata rapi di taman depan sekolah. Kini, halaman sekolah tampak lebih asri dan indah. Siswa-siswi merasa senang dan puas dengan kegiatan Studi Visual kali ini. Mereka mendapatkan banyak pengalaman tentang cara menanam tanaman.  Tak lupa setiap hari ketika sekolah, siswa-siswi terus merawat tanaman yang telah ditanamnya.

Merawat lingkungan harus kita ajarkan sejak dini terhadap anak – anak, salah satunya dengan merawat tanaman. Tanaman, hewan, tanah, udara, semua adalah sumber daya alam yang harus kita jaga keberadaannya. Sumber daya alam yang telah disediakan oleh bumi ini adalah untuk kelangsungan hidup manusia. Ketika manusia mampu menjalakan kewajibannya yaitu menjaga dan melestarikan sumber daya alam tersebut, maka manusia akan mendapatkan hak-haknya untuk  melanjutkan kelangsungan hidupnya dengan damai dan sejahtera di bumi tercinta ini. Mari kita sayangi lingkungan. Salam Hijau Lestari Untuk Bumi Pertiwi.

Oleh : Ririn Nafi'atin S.Pd.I.
Guru Kelas 4A
SD Islam Surya Buana

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment