Isu Tanaman Hijau : Ada Tanaman Hijau, Belajarku Tak Perlu Risau


Demi terciptanya lingkungan yang asri dengan udara yang sejuk, kondisi tanaman yang ada di sekolah harus diperhatikan. Lingkungan sekolah dengan tanaman hijau yang rindang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan adanya lingkungan sekolah yang seperti itu, akan sangat mendukung proses belajar mengajar. Kondisi tanaman hijau yang terawat akan menciptakan rasa nyaman dan membuat warga sekolah semakin betah berada disana.
Terjaganya tanaman hijau di sekolah antara lain berfungsi untuk melestarikan flora dan fauna, pengendalian air tanah dan erosi, ameliorasi iklim, memperkecil pantulan sinar matahari, pengendalian erosi tanah, mengurangi aliran permukaan, dan mengikat tanah. Konstruksi vegetasi dapat mengatur keseimbangan air dengan cara intersepsi, infiltrasi, evaporasi dan transpirasi. Dengan demikian, penghijauan lingkungan sekolah sebagai unsur “hutan sekolah” perlu ditingkatkan secara konseptual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan aspek estetika, pelestarian lingkungan dan fungsional. Pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan begitu pula pemeliharaan harus dilakukan secara terus menerus.
Berkaitan dengan tanaman hijau, ada beberapa masalah yang terjadi di SD Islam Surya Buana, diantaranya adalah tanaman belum tertata dengan baik dan teratur  di depan kelas 1A dan 1B, penanggulangan yang sudah dilakukan yaitu memasang stiker ajakan untuk merawat dan menjaga tanaman. Selain itu, terdapat sampah di area taman dan di pot tanaman. Penanggulangan yang sudah dilakukan adalah meletakkan tempat sampah didekat tanaman supaya siswa tidak membuang sampah pada tanaman, tetapi di tempat sampah.
Dengan dilakukannya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh warga sekolah menyadari pentingnya menjaga tanaman hijau. Dengan melestarikan tanaman hijau, banyak manfaat yang akan kita peroleh. Diantaranya adalah kita mendapat pasokan udara bersih yang dihasilkan oleh tanaman hijau tersebut. Semakin banyak tumbuhan hijau, semakin banyak oksigen di lingkungan sekolah. Dengan demikian, akan menjadikan warga sekolah nyaman selama berada di sekolah. Salam Hijau Lestari untuk Bumi Pertiwi!

Tim Isu Tanaman Hijau:
Yavie Ali Firdaus
Mujiono

Revalia Fitria Nur’aini - Ahmad Nadhief Islami

No comments:

Post a Comment