Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Tuesday, November 21, 2017

Isu Tanaman Hijau : Ada Tanaman Hijau, Belajarku Tak Perlu Risau

Demi terciptanya lingkungan yang asri dengan udara yang sejuk, kondisi tanaman yang ada di sekolah harus diperhatikan. Lingkungan sekolah dengan tanaman hijau yang rindang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan adanya lingkungan sekolah yang seperti itu, akan sangat mendukung proses belajar mengajar. Kondisi tanaman hijau yang terawat akan menciptakan rasa nyaman dan membuat warga sekolah semakin betah berada disana.
Terjaganya tanaman hijau di sekolah antara lain berfungsi untuk melestarikan flora dan fauna, pengendalian air tanah dan erosi, ameliorasi iklim, memperkecil pantulan sinar matahari, pengendalian erosi tanah, mengurangi aliran permukaan, dan mengikat tanah. Konstruksi vegetasi dapat mengatur keseimbangan air dengan cara intersepsi, infiltrasi, evaporasi dan transpirasi. Dengan demikian, penghijauan lingkungan sekolah sebagai unsur “hutan sekolah” perlu ditingkatkan secara konseptual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan aspek estetika, pelestarian lingkungan dan fungsional. Pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan begitu pula pemeliharaan harus dilakukan secara terus menerus.
Berkaitan dengan tanaman hijau, ada beberapa masalah yang terjadi di SD Islam Surya Buana, diantaranya adalah tanaman belum tertata dengan baik dan teratur  di depan kelas 1A dan 1B, penanggulangan yang sudah dilakukan yaitu memasang stiker ajakan untuk merawat dan menjaga tanaman. Selain itu, terdapat sampah di area taman dan di pot tanaman. Penanggulangan yang sudah dilakukan adalah meletakkan tempat sampah didekat tanaman supaya siswa tidak membuang sampah pada tanaman, tetapi di tempat sampah.
Dengan dilakukannya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh warga sekolah menyadari pentingnya menjaga tanaman hijau. Dengan melestarikan tanaman hijau, banyak manfaat yang akan kita peroleh. Diantaranya adalah kita mendapat pasokan udara bersih yang dihasilkan oleh tanaman hijau tersebut. Semakin banyak tumbuhan hijau, semakin banyak oksigen di lingkungan sekolah. Dengan demikian, akan menjadikan warga sekolah nyaman selama berada di sekolah. Salam Hijau Lestari untuk Bumi Pertiwi!

Tim Isu Tanaman Hijau:
Yavie Ali Firdaus
Mujiono

Revalia Fitria Nur’aini - Ahmad Nadhief Islami
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM